Apa Kabar Candra Wijaya? Pebulutangkis Legenda Indonesia Spesialis Penyabet Segala Gelar

Jumat, 27 September 2019 18:00 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Chung Sung-Jun/Getty Images
Candra Wijaya, legenda bulutangkis Indonesia, Copyright: © Chung Sung-Jun/Getty Images
Candra Wijaya, legenda bulutangkis Indonesia,

INDOSPORT.COM - Siapa yang tidak kenal dengan sosok Candra Wijaya? Ya, ia adalah salah satu pebulutangkis ganda putra terbaik yang dimiliki oleh Indonesia. Penyematan gelar tersebut juga tidak main-main, Candra memang bisa dikatakan sebagai salah seorang pemain yang sukses pada zamannya.

Candra berhasil menyabet hampir seluruh gelar bergengsi di kejuaraan internasional. Sebut saja Kejuaraan Dunia, All-England, Thomas Cup, China Open, Japan Open, Indonesia Open, dan yang paling epik adalah namanya tercatat sebagai peraih medali emas Olimpiade Sydney 2000.

Pemilik nama lengkap Rafael Candra Wijaya ini mengakhiri masa aktifnya sebagai atlet profesional sejak enam tahun yang lalu, tepatnya tahun 2013. Lantas, bagaimana kabar sang legenda kini?

Untuk itu, secara eksklusif INDOSPORT pun berbincang dengan Candra Wijaya soal kabar dan kesibukan terkininya. 

"Kabar baik ya, dan terkait kesibukan sekarang sih ya mengerjakan apa saja lah yang bisa dikerjakan," ujar Candra pada Jumat (27/09/19).

"Tetapi tepat minggu lalu, saya baru selesai menggelar kejuaraan Yonex-Sunrise Doubles Special Championships 2019 yang ke-10 kalinya sejak 2009," jelasnya lagi.

Sekadar informasi, Candra baru saja menggelar kejuaraan khusus untuk nomor ganda yang berlangsung pada 18-21 September 2019 di Hall Daihatsu Candra Wijaya International Badminton Centre (CWIBC), Serpong, Banten. Sejak tahun 2009, kompetisi ini selalu konsisten diadakan setiap tahunnya.

Selain itu ya, paling dua tahun belakangan ini saya sedang sibuk-sibuknya membangun hall bulutangkis sendiri. Kalau bicara sehari-hari ya, saya membina dan melatih di klub sendiri saja," ungkap pria berusia 43 tahun ini.

Sejak memutuskan untuk gantung raket, Candra memang tidak pernah pergi dari dunia bulutangkis. Apa alasannya? 

"Cita-cita saya adalah ingin terus memberikan kontribusi bagi bulutangkis nasional, saya kira jika kita punya keinginan harus dibarengi dengan komitmen yang kuat.”

“Dengan tidak pergi dari dunia bulutangkis, inilah bentuk komitmen saya. Terus turut membangun bulutangkis nasional," bebernya tegas.

Maka dari itu, Candra berharap semoga usahanya tersebut bisa terus didukung oleh para sponsor yang mempunyai visi misi yang sama dengannya dan berkomitmen tinggi untuk kemajuan bulutangkis Indonesia.

Di akhir pembicaraan, Candra pun sempat menanggapi kesuksesan sektor ganda putra Indonesia. Seperti yang diketahui, ganda putra merupakan tonggak terkuat dari bulutangkis Indonesia di berbagai turnamen Internasional.

"Dari dulu memang sejarahnya ganda putra Indonesia kan punya prestasi yang luar biasa. Sektor ganda selalu bisa menyumbangkan poin, medali, atau gelar untuk Indonesia," kenang Candra.

"Baik sekarang atau di masa lampau, ganda putra memang selalu dominan. Kini, saya merasakan ganda putra Indonesia juga mengalami kemajuan yang cukup bagus. Sepuluh tahun lalu sama sekarang beda sekali, jadi ini sebuah hal yang positiflah," pungkasnya.