Kejuaraan Dunia Junior: Tim Indonesia Siapkan Formasi Juara Lawan China

Sabtu, 5 Oktober 2019 15:12 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Isman Fadil
© Sanchit Khanna/Hindustan Times via Getty Images
Tim bulutangkis Indonesia sudah menyiapkan formasi andalan untuk menghadapi tim China di final Kejuaraan Dunia Junior. Copyright: © Sanchit Khanna/Hindustan Times via Getty Images
Tim bulutangkis Indonesia sudah menyiapkan formasi andalan untuk menghadapi tim China di final Kejuaraan Dunia Junior.

INDOSPORT.COM - Tim bulutangkis Indonesia sudah menyiapkan formasi andalan untuk menghadapi tim China di final Kejuaraan Dunia Junior 2019.

Perhelatan kompetisi bulutangkis Kejuaraan Dunia Junior yang diselenggarakan di Kazan Gymnastics Center, Rusia, itu telah mencapai final. Indonesia sendiri mampu tembus ke babak tersebut setelah sebelumnya berhasil menyingkirkan wakil Thailand dengan skor 3-2.

Di laga melawan Thailand pada Jumat, 4 Oktober 2019. Tiga poin kemenangan diraih lewat Bobby Setiabudi (tunggal putra), Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (ganda putra) dan Daniel Marthin/Indah Cahya Sari Jamil (ganda campuran).

Sementara itu, Putri Kusuma Wardani dari tunggal putri kalah 22-24 dan 16-21 dari wakil Thailand, Phittayaporn Chaiwan dan Putri Syaikah/Nita Violina Marwah dari ganda putri kalah 17-21, 21-15, dan 19-21 dari pasangan Benyapa Aimsaard/Pornnicha Suwatnodom.

Meski demikian, seperti dilansir dari laman Badminton Indonesia, manajer tim, Susy Susanti, tetap mengapresiasi penampilan anak-anak didiknya tersebut yang mampu menembus final dan akan menghadapi tim dari China.

"Penampilan atlet-atlet muda kita hari ini melawan Thailand cukup baik, khususnya tunggal putra, ganda putra dan ganda campuran. Kami bisa belajar dari pengalaman di AJC untuk lebih siap lagi dan lebih fokus dan berani. Hasilnya sesuai prediksi, kami bisa menang dari Thailand meski cukup ketat," ujar Susy.

"Peluang (untuk menang lawan China) tetap ada, kami akan kerja keras dan berjuang untuk meraih kemenangan. Kami akan mempersiapkan atlet-atlet untuk bisa meraih prestasi tertinggi yang selalu kami harapkan yaitu merebut Piala Suhandinata," pungkas legenda bulutangkis Indonesia itu.

Menghadapi China, Indonesia sendiri akan menurunkan formasi juara, yaitu formasi yang sama dengan saat mereka melawan Thailand, kecuali ganda putri yang memasangkan Putri Syaikah dengan Febriana Dwipuji Kusuma. 

Pertandingan final beregu campuran Kejuaraan Dunia Junior akan dilangsungkan pada Sabtu (5/10/19), mulai pukul 13.00 waktu Kazan atau sekitar pukul 17.00 WIB.

Berikut susunan tim Indonesia vs China:

Tunggal Putra:

Bobby Setiabudi vs Liu Liang

Tunggal Putri:

Putri Kusuma Wardani vs Zhou Meng

Ganda Putra:

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Di Zi Jian/Wang Chang

Ganda Putri:

Putri Syaikah/Febriana Dwipuji Kusuma vs Li Yi Jing/Tan Ning

Ganda Campuran:

Daniel Marthin/Indah Cahya Sari Jamil vs Feng Yan Zhe/Lin Fang Ling