Kemenangan Tim Junior Indonesia di Kejuaraan Dunia Dipuji BWF Setinggi Langit

Minggu, 6 Oktober 2019 09:58 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© PBSI
Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis 2019 Copyright: © PBSI
Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis 2019

INDOSPORT.COM - Akhirnya, setelah menunggu belasan tahun lamanya, Piala Suhandinata 'pulang' ke pangkuan Ibu Pertiwi untuk kali pertama.

Ya, tim junior Indonesia berhasil memastikan 'kepulangan' Piala Suhandinata ke Tanah Air setelah menang dramatis atas China di partai final yang berlangsung Sabtu (05/10/19) kemarin di Kazan, Rusia.

Kemenangan itu pun mendapat sanjungan dari Organisasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) melalui laman resmi mereka, bwfbadminton.com. BWF menyebutkan bahwa kemenangan tim junior Indonesia tersebut merupakan kemenangan dramatis.

Tak hanya itu, mereka juga menyebutkan kehadiran Susy Susanti dan Alan Budi Kusuma di tim junior Indonesia sangat krusial dan bisa dibilang bahwa racikan tim yang dipilih peraih emas Olimpiade Barcelona tersebut sangat-sangat luar biasa.

Kemenangan Indonesia untuk kali pertama itu pun juga membuat Indonesia menjadi tim ketiga selain China yang berhasil meraih gelar juara Suhandinata Cup, setelah sebelumnya, Korea Selatan berhasil melakukannya di tahun 2006 dan 2013, serta Malaysia di tahun 2011.

Tim junior Indonesia memastikan gelar di Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis 2019 melalui sektor ganda putri, dimana pasangan Febriana Dwipuji Kusuma/Putri Syaikah berhasil mengalahkan pasangan Li Yi Jing/Tan Ning dalam pertandingan dramatis dengan skor akhir 16-21, 25-23, 21-13.

Kemenangan itu pun melengkapi kemenangan Indah Sari Jamil/Daniel Marthin dan Putri Kusuma Wardani untuk mengubah skor menjadi 3-1 untuk kemenangan Indonesia di Kejuaraan Dunia Junior Bulu Tangkis 2019.

1