Curhat Ardy B. Wiranata Sempat Dituduh Tidak Nasionalis Usai Jadi WNA

Senin, 7 Oktober 2019 10:30 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Lanjar Wiratri
© Dok. Pribadi Ardy B. Wiranata
Potret Alan Budikusuma dan Ardy B. Wiranata pada tahun 1992. Copyright: © Dok. Pribadi Ardy B. Wiranata
Potret Alan Budikusuma dan Ardy B. Wiranata pada tahun 1992.

INDOSPORT.COM - Usai memutuskan untuk gantung raket pada tahun 1998, Ardy B. Wiranata, salah satu legenda bulutangkis Indonesia akhirnya pindah ke Amerika Serikat selama tiga tahun lalu ke Kanada. Ardy yang kini menetap di Kanada pun menceritakakan bagaimana ia tetap cinta Indonesia meski sempat dituduh tidak nasionalis.

Setelah 14 tahun tinggal di Kanada, tahun 2014 akhirnya Ardy dan keluarga berganti status kewarganegaraan dari Indonesia menjadi Warga Negara Kanada. Keputusan besar ini Ardy ambil setelah melalui banyak pertimbangan.

Khusus kepada INDOSPORT, atlet kelahiran Jakarta, 10 Februari 1970 ini pun menceritakan alasan di balik keputusan besarnya tersebut. Berikut kisah lengkapnya.

“Ada perasaan berat ketika saya memutuskan untuk pindah kewarnegaraan. Perlu diketahui, keputusan ini diambil karena masalah keadaan saja, karena kan saya dan keluarga sudah tinggal di sini, kalau kami bukan warga negara asli nantinya jadi susah untuk segala peraturan dan mendapat kebijakan yang ada,” jelas Ardy khusus kepada INDOSPORT.

“Kami juga nggak dapat health care kalau bukan warga negara. Lalu, saya kan d isini kerjanya sempat travel ke beberapa negara. Jika pakai paspor Indonesia, saya harus buat visa. Sedangkan kalau disini kan tidak usah (buat visa),” imbuhnya lagi.

Dengan tegas, Ardy menampik keras bahwa kepindahan statusnya ini bukan karena ia tidak cinta Indonesia. Ia menuturkan, selamanya ia adalah orang Indonesia.

“Saya ini masih dan selalu menjadi orang Indonesia. Saya menetap disini maka dari itu saya pindah, bukan karena saya sudah nggak cinta (Indonesia). Saya juga sekarang kan cari nafkah disini,” ujar mantan peringkat 1 tunggal putra dunia ini.

“Berapa tahun saya bermain dan membela Indonesia? Mana mungkin saya nggak cinta? Dimanapun saya berada, ketika ditanya saya asli mana saya selalu jawab Indonesia. Bahkan, Shawn (putra semata wayang Ardy) yang lahir di Amerika, ketika ditanya teman-temannya dia pasti jawab asli Indonesia,” tutur Ardy dengan nada yang sedikit emosional.

Ardy pun bercerita, keputusannya ini memang sempat menuai beberapa kritik dan sanksi dari beberapa pihak. Ia juga tidak dapat menampik bahwa ia sangat terpukul mendengar hal tersebut.

“Saya sempat dengar ada beberapa orang yang bilang saya tidak nasionalis, tidak patriotik, sudah tidak cinta Indonesia lagi karena mau jadi WNA. Saya tegaskan itu tidak benar! Saya sedih sekali kalau dengar orang ngomong begitu,” ungkap Ardy.

“Jujur saja, sampai sekarang saya senang sekali kalau lihat atlet Indonesia ada yang menang di kejuaraan Internasional dan merah putih berhasil berkibar di negara orang. Saya tetap orang Indonesia walaupun pindah warga negara, sampai kapanpun,” tandasnya tegas.

1