Deretan Prestasi Bulutangkis yang Diraih Sejak Wiranto Jadi Ketua PBSI

Kamis, 10 Oktober 2019 15:41 WIB
Editor: Coro Mountana
© kabar24.bisnis.com
Ketua PBSI, Wiranto. Copyright: © kabar24.bisnis.com
Ketua PBSI, Wiranto.

INDOSPORT.COM – Sebuah kejadian tak terduga menimpa Wiranto, Ketua PBSI yang telah menghadirkan deretan prestasi bagi bulutangkis Indonesia di Pandeglang, Kamis (10/10/19).

Menukil dari Antara, Ketua Persatuan Bulutangkis Indonesia (PBSI), Wiranto mengalami penikaman oleh orang tak dikenal dengan senjata tajam setibanya di Alun-alun Kabupaten Pandeglang, Banten, Kamis (10/10/19).

Berdasarkan kronologi dari video yang tengah ramai beredar di jagat media sosial, Wiranto yang juga merupakan Menteri Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) diserang tepat setelah turun dari mobil yang ditumpanginya.

Setelah kejadian tersebut hingga berita ini diturunkan, Wiranto langsung dilarikan ke RSUD Berkah Pandeglang dengan masih menjalani perawatan medis di Ruang Unit Gawat Darurat. Tentu kabar ini menjadi pukulan bagi dunia bulutangkis Indonesia yang tengah dipimpinnya.

Sejak memimpin PBSI pada 31 Oktober 2016 menggantikan Gita Wirjawan untuk periode 2016-2020, deretan prestasi menakjubkan berhasil ditorehkan. Mulai dari Indonesia Open hingga All England berhasil dimenangkan oleh pebulutangkis terbaik Indonesia di bawah naungan PBSI.

Berikut INDOSPORT hadirkan deretan sejumlah prestasi yang berhasil dimenangkan oleh pebulutangkis terbaik Indonesia selama Wiranto menjadi ketua PBSI.

BWF Super Series (2017)

Mulai dari BWF Super Series yang berhasil dimenangkan oleh pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya pada 2017. Di final, duo minions berhasil mengalahkan wakil China, Liu Cheng/Zhang Nan.

BWF World Championships (2017 dan 2019)

Lalu ada BWF World Championships yang dimenangkan oleh Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir pada 2017 lalu usai mengalahkan Zheng Siwei/Chen Qingchen dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan pada tahun ini.

All England (2017. 2018, dan 2019)

Ajang bulutangkis bergengsi All England pun selalu berhasil disabet oleh pebulutangkis terbaik Indonesia. Sejak edisi 2017 hingga 2019, selalu ada sektor yang dimenangi oleh atlet bulutangkis Indonesia, uniknya itu selalu dari ganda putra.

Marcus Gideon/Kevin Sanjaya adalah penguasa All England untuk edisi 2017 dan 2018, namun sayang gelar itu tak mampu dipertahankan pada tahun ini. Beruntung Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berhasil menjaga gelar juara All England pada tahun ini.

© IG BARU: bulutangkisRI_
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menerima penghargaan sebagai juara di ajang All England Open 2019. Copyright: IG BARU: bulutangkisRI_Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menerima penghargaan sebagai juara di ajang All England Open 2019.

Indonesia Open (2017, 2018, dan 2019)

Sementara itu, Indonesia Open juga tak luput dari gelar juara yang mampu disabet oleh atlet bulutangkis Indonesia di bawah naungan PBSI yang dipimpin oleh Wiranto. Pada edisi 2017, ada Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang memenangkannya.

Di edisi selanjutnya tepat 2018, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil mempertahankannya tapi kini mereka tidak sendiri karena Marcus Gideon/Kevin Sanjaya juga berhasil jadi juara. Namun untuk tahun ini, hanya Marcus Gideon/Kevin Sanjaya yang juara Indonesia Open.

China Open (2016, 2017, 2018, dan 2019)

Untuk China Open, bisa dikatakan ini menjadi turnamen bulutangkis yang paling sering dimenangi di zaman Wiranto. Bagaimana tidak, sejak 2016 hingga tahun ini, selalu podium juara tak pernah absen diisi oleh pebulutangkis terbaik Indonesia.

Marcus Gideon/Kevin Sanjaya menjadi yang paling hobi menjadi juara di China Open dengan jumlah gelar mencapai 3 kali. Sementara itu, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Anthony Sinisuka Ginting sama-sama mengoleksi satu gelar di China Open dalam 4 tahun terakhir.

Asian Games (2018)

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Aksi selebrasi Jonatan Christie usai menang dan memastikan raih medali emas Asian Games 2018. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTAksi selebrasi Jonatan Christie usai menang dan memastikan raih medali emas Asian Games 2018.

Sementara itu Asian Games 2018 ternyata juga menjadi saksi kehebatan pebulutangkis Indonesia. Jonatan Christie mengambil medali emas untuk nomor tunggal putra dan sedangkan Marcus Gideon/Kevin Sanjaya mengambil gelar juara untuk ganda putra.

Beragam gelar telah dimenangi oleh atlet bulutangkis di bawah PBSI pimpinanan Wiranto yang kini sedang dirawat setelah mendapatkan tusukan dari orang tak dikenal di Pandeglang pagi tadi.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%