Pindah ke Australia, Pebulutangkis Ini Ternyata Pernah Bawa Indonesia Raih Medali Perak di WJC 2013

Minggu, 13 Oktober 2019 15:30 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Bradley Kanaris/Getty Images
Setyana Mapasa, pebulutangkis Australia yang pernah membela Indonesia. Copyright: © Bradley Kanaris/Getty Images
Setyana Mapasa, pebulutangkis Australia yang pernah membela Indonesia.

INDOSPORT.COM - Setyana Daniella Florensia Mapasa, pebulutangkis ganda putri yang memilih 'berkhianat' ke Australia namun ternyata berjasa besar bagi Indonesia di Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis.

Ya, pebulutangkis yang lebih akrab dipanggil Setayana Mapasa tersebut ternyata pernah membantu timnas Indonesia meraih medali perak di Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior 2013.

Tahun 2013, Indonesia diketahui berpeluang meraih gelar juara dunia kategori beregu untuk kali perdana setelah tim Merah Putih berhasil mencapai babak final dan berhadapan dengan Korea Selatan.

Kala itu, di Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand, Indonesia diperkuat oleh nama-nama besar seperti Kevin Sanjaya Sukamuljo hingga Jonatan Christie.

Sayangnya di babak final, ketika Setyana Mapasa turun di partai penentuan sektor ganda putri saat kedudukan imbang 2-2, ia bersama dengan Rosyita Eka Putri gagal meraih kemenangan hingga akhirnya Indonesia harus memupus harapan meraih juara untuk kali perdana.

Mapasa/Rosyita yang berhadapan dengan pasangan Chae Youu-jung/Kim Ji Won harus kalah dalam pertandingan straight game dengan skor akhir 18-21, 11-21 dan harus membuat Indonesia puas hanya meraih medali perak.

Tahun 2013 pun menjadi tahun terakhir Mapasa membela Indonesia, karena tepat di tahun 2014, ia resmi mengganti kewarganegaraannya menjadi warga negara Australia dan kini bermain di sektor ganda putri bersama Gronya Somerville.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%