Reaksi PBSI Terkait Drawing Bulutangkis Beregu SEA Games 2019

Rabu, 16 Oktober 2019 15:57 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Matt Roberts/Getty Images
Jonatan Christie salah satu wakil Indonesia di cabor bulutangkis SEA Games 2019. Copyright: © Matt Roberts/Getty Images
Jonatan Christie salah satu wakil Indonesia di cabor bulutangkis SEA Games 2019.

INDOSPORT.COM - Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti angkat bicara mengenai hasil drawing bulutangkis beregu SEA Games 2019. Ia mengatakan Indonesia punya potensi untuk membawa pulang medali emas dari ajang multievent dua tahunan itu.

Tim putra Indonesia yang menempati unggulan pertama mendapatkan status bye. Sebagai juara bertahan, atlet putra kebanggaan Tanah Air tak perlu bermain di babak pertama dan tinggal menunggu lawan di babak semifinal, di mana lawan yang bakal dihadapi kemungkinan besar adalah Thailand, seperti yang diprediksi Susy Susanti.

Sedangkan, tim putri dinilai berpeluang menantang Singapura atau Vietnam. Baik tim putra maupun putri diprediksi bisa melaju ke final, meski persaingan akan lebih ketat, lantaran Indonesia tak menurunkan full team.

"Untuk Asia Tenggara negaranya tak banyak dan pastinya sudah sering bertemu. Untuk putra semifinalnya kemungkinan ketemu Thailand yah," katanya.

"Sedangkan putri bisa ketemu antara Vietnam dan Singapura. Secara kans bisa ke final dan tentunya persaingan agak ketat karena SEA Games kali ini kami tak full team, kombinasi pemain muda dan senior," imbuh Susy.

Meski menurunkan tim kombinasi, Susy optimistis Indonesia bisa membawa pulang target yang dicanangkan. Pasalnya, beberapa pebulutangkis muda yang diutus merupakan atlet yang diperhitungkan di kancah dunia seperti Jonatan Christie, Gregoria Mariska Tunjung, Fajar Alfian/Muhammad Rian hingga Praveen Jordan.

"Secara peluang dan target semoga bisa terpenuhi yaitu minimal dua emas atau tiga. Bisa juga juara umum secara keseluruhan," urai Susy Susanti.