Lee Chong Wei Sumbang Rp6,7 Miliar Buat Bulutangkis Malaysia

Sabtu, 19 Oktober 2019 17:17 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Lanjar Wiratri/Indosport
Legenda bulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei ternyata bukan sosok kacang lupa pada kulitnya. Copyright: © Lanjar Wiratri/Indosport
Legenda bulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei ternyata bukan sosok kacang lupa pada kulitnya.

INDOSPORT.COM – Legenda bulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei ternyata bukan sosok kacang lupa pada kulitnya. Hal ini diketahui setelah dia menyumbang dana Rp6,7 miliar untuk dua asosiasi olahraga di negerinya.

Dilansir dari The Sun Daily, Lee Chong Wei telah menyumbangkan dana pribadi sebesar 1,4 juta ringgit (Rp4,7 miliar) kepada Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) dalam acara Bulan Olahraga Nasional, Minggu (13/10/10) di Stadion Bukit Jalil.

Dana tersebut diberikan kepada BAM untuk keperluan pengembangan olahraga bulutangkis yang sudah dia cintai selama 19 tahun berkarier sebelum gantung raket pada 13 Juni 2019 lalu.

Selain itu, Chong Wei juga memberikan bantuan dana kepada Dewan Olahraga Nasional (MSN) sebesar 600 ribu ringgit (Rp2 miliar) guna mempersiapkan para atletnya menuju Olimpiade Tokyo 2020.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Malaysia Badminton Lovers (@malaysiabadmintonlovers) on

“Pergi ke (Olimpiade) Tokyo 2020 adalah impian saya, namun saya harus pensiun karena alasan kesehatan. Jadi saya berharap dana ini akan membantu mempersiapkan atlet untuk memenuhi syarat,” kata Chong Wei.

Lee sendiri harus rela mengakhiri karier bulu tangkisnya sebelum mewujudkan impiannya untuk tampil pada Olimpiade kelima sepanjang kariernya akibat kanker hidung yang pernah dideritanya.

Eks pemain nomor satu dunia tersebut kemudian ditunjuk sebagai Chief de Mission (CdM) kontingen Negeri Jiran pada Olimpiade tahun depan.

Berbicara soal persiapan Olimpiade Tokyo, Chong Wei menaruh harapan agar seluruh atlet Malaysia meraih medali. Dia juga menyarankan para atlet memperhatikan kondisi fisiknya agar terhindari dari cedera.

“Saya belum pernah memenangkan medali emas untuk negara ini, namun saya berharap atlet yang saya bawa ke Tokyo bisa mewujudkannya. Saya juga berharap semua atlet sehat, tidak cedera dan terus mengejar kualifikasi,” tambahnya.

Meski sudah pensiun, Lee Chong Wei masih tetap memantau perkembangan bulutangkis Malaysia. Ia pun ikut memberi semangat para juniornya yang masih belum bisa membawa pulang gelar juara di Denmark Open 2019.