Lolos ke Putaran Kedua French Open 2019, Akankah Anthony Ginting Melanjutkan Catatan Buruk?

Rabu, 23 Oktober 2019 17:35 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Matt Roberts/Getty Images
Anthony Ginting telah memastikan diri melaju ke putaran kedua French Open 2019, apakah dirinya bisa mengakhiri catatan buruk di dua turnamen sebelumnya? Copyright: © Matt Roberts/Getty Images
Anthony Ginting telah memastikan diri melaju ke putaran kedua French Open 2019, apakah dirinya bisa mengakhiri catatan buruk di dua turnamen sebelumnya?

INDOSPORT.COM - Anthony Ginting telah memastikan diri melaju ke putaran kedua French Open 2019, apakah dirinya bisa mengakhiri catatan buruk di dua turnamen sebelumnya?

Andalan Indonesia di sektor ganda putra bulutangkis, Anthony Ginting bisa mengalahakan wakil Malaysia Lee Zii Jia di putaran pertama French Open 2019.

Menang mudah dua set langsung 21-16 dan 21-8, Anthony Ginting akan dihadang pebulutangkis China Huang Yuxiang di putaran kedua.

Di atas kertas, status dan peringkat Huang Yuxiang memang masih berada di bawah Anthony Ginting. Namun hal tersebut tentu bukan jaminan rekor buruk andalan Indonesia itu akan berakhir.

Karena jika melihat dua lawan yang berhasil mengalahkan Anthony Ginting di dua turnamen sebelumnya (Korea Open dan Denmark Open) peringkat mereka juga tak lebih baik dari pebulutangkis 23 tahun itu.

Jan O Jorgensen di Korea Open hanya berperingkat 22 dunia, disaat Ginting menghuni urutan ke delapan. Namun Jorgensen memang memiliki keunggulan agregat 3-1 atas Ginting, sebelum pertemuan itu.

Sementara di Denmark Open, Brice Leverdez yang berperingkat 35 dunia, nyatanya juga tak bisa dilewati Ginting di putaran pertama. Padahal sebelum itu Anthony Ginting selalu bisa mengalahkan Brice Leverdez dengan mudah di tiga pertemuan sebelumnya.

Anthony Ginting vs Huang Yu Xiang

Kondisi di atas, sama persis dengan apa yang akan dialami Anthony Ginting di putaran kedua French Open 2019. Menghadapi Huang Yu Xiang yang merupakan peringkat 28 dunia, pria kelahiran Cimahi itu memiliki keunggulan agregat 2-0.

Tetapi, melihat hasil di dua pertemuannya dengan Huang Yu Xiang. Sinyal bahaya sudah cukup terlihat. Dimana Anthony Ginting selalu tak mudah untuk mengalahkan wakil China itu.

Di Thailand Master 2017, Ginting harus susah payah menang lewat tiga set melawan Huang Yu Xiang. Sementara di German Open 2018, tunggal putra terbaik Indonesia itu menang karena mundurnya Huang Yu Xiang di set kedua akibat cedera.

Melihat kondisi tersebut, tanpa maksud bersikap pesimis, rasannya peluang untuk Anthony Ginting mengulang catatan buruknya di dua turnamen terakhir, amsih sangat terbuka di putaran kedua French Open 2019.