Mengenang 3 Kemenangan Anthony Sinisuka Ginting Atas Kento Momota

Jumat, 25 Oktober 2019 15:29 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT
Jelang perempatfinal French Open 2019, Jumat (25/10/19), mari mengenang 3 kemenangan Anthony Sinisuka Ginting atas pebulu tangkis Jepang, Kento Momota. Copyright: © INDOSPORT
Jelang perempatfinal French Open 2019, Jumat (25/10/19), mari mengenang 3 kemenangan Anthony Sinisuka Ginting atas pebulu tangkis Jepang, Kento Momota.

INDOSPORT.COM - Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, akan bertemu pebulu tangkis Jepang, Kento Momota, di babak perempatfinal French Open 2019, Jumat (25/10/19), pukul 20.50 WIB.

Ginting melaju ke perempatfinal French Open setelah menyingkirkan Lee Zii Jia dari Malaysia dan Huang Yu Xiang dari China lewat pertarungan dua set langsung.

Ia langsung berjumpa Momota bak final kepagian. Momota tidak kehilangan determinasinya meski baru saja meraih juara Denmark Open 2019.

Ginting dan Momota telah lima kali bertemu sepanjang tahun 2019 dan selalu dimenangkan Momota. Dari total 13 pertemuan, Momota berhasil unggul sepuluh kali, sedangkan Ginting tiga kali.

Pertemuan keduanya selalu menyuguhkan pertarungan sengit. Laga Momota vs Ginting di perempatfinal French Open nanti dipastikan akan begitu menarik.

Ginting tentu punya rasa penasaran untuk mengalahkan Momota. Ia ingin sekali lagi merasakan kemenangan melawan Raja Bulutangkis Dunia saat ini.

Anthony Sinisuka Ginting setidaknya pernah merasakan tiga kemenangan melawan Kento Momota. Berikut INDOSPORT menghadirkan momen-momen kemenangan tersebut.

Hong Kong Open 2015

Ginting dan Momota bertemu di babak perempatfinal Hong Kong Open Super Series 2015. Ginting saat itu masih sangat muda dengan usia 19 tahun.

Pertemuan dengan Momota di Hong Kong Open menjadi yang kedua bagi Ginting setelah takluk di Indonesia Open Super Series Premier 2015.

Akan tetapi, Ginting berhasil membalas kekalahannya dan meraih kemenangan pertama atas Momota. Ia tampil impresif dan menang dua set langsung, 21-7 dan 21-15.

Saya belajar dari pertemuan di Indonesia Open. Saat itu saya kurang sabar, pengin cepat menyerang, pengin cepat-cepat mematikan pukulan lawan. Kalau tadi lebih sabar saja, banyak meladeni permainan lawan,” ujar Anthony dilansir dari situs PBSI.

Asian Games 2018

Ginting merebut kemenangan kedua atas Momota di cabor bulu tangkis perseorangan Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta. Ini merupakan pertemuan keenam keduanya.

Momota sebelumnya mengalahkan Ginting di nomor beregu. Akan tetapi, Ginting melakukan revans untuk mengunci tiket perempatfinal.

Pertarungan keduanya diwarnai reli-reli panjang. Ginting yang sempat tertinggal 5-11 di gim kedua berhasil membalikkan keadaan dan menang 21-18 dan 21-18.

Ginting kala itu tidak menyangka bisa mengalahkan Momota dua set langsung. Hal itu tidak lepas dari permainan Ginting yang fokus dan sabar serta tidak melakukan kesalahan.

"Ada pepatah bahwa hasil tak akan pernah mengkhianati usaha yang dilakukan. Saya tak punya pikiran untuk menyerah dan terus berusaha menjalankan strategi," ucap Anthony seusai laga saat itu.

China Open 2018

Pertemuan Momota dan Ginting di final China Open 2019 bisa dibilang menjadi duel paling sengit antara keduanya. Ginting mengalahkan Momota 23-21 dan 21-19 serta keluar sebagai juara.

Ginting mencetak rekor sebagai pebulu tangkis pertama yang memenangkan Super Series 750 di China. Selain itu, Ginting menjaga prestasi selalu berhasil mengalahkan Momota dalam dua set langsung.

Setelah kemenangan di China Open 2018, Ginting belum lagi mengalahkan Momota. Ia nyaris mengulang kesuksesan di China Open 2019, namun kalah 19-21, 21-17, dan 21-19.