Buat Kejutan, Ganda Putra India Ingin Rusak Dominasi Big 5 Ranking BWF

Kamis, 31 Oktober 2019 20:12 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© bwfworldtour.bwfbadminton.com
Pasangan ganda putra India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty mengungkapkan keinginannya merusak dominasi big 5 di ranking dunia BWF. Copyright: © bwfworldtour.bwfbadminton.com
Pasangan ganda putra India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty mengungkapkan keinginannya merusak dominasi big 5 di ranking dunia BWF.

INDOSPORT.COM - Pasangan ganda putra India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty mengungkapkan keinginannya merusak dominasi big 5 di ranking dunia BWF.

Keberhasilan pasangan India tersebut meraih runner-up di French Open 2019 membuat mereka kini berada di peringkat 10 besar dunia BWF dalam update terbaru per Selasa (28/10/19) kemarin.

Meskipun sempat mengalami penurunan perfoma usai menjuarai Thailand Open 2019, namun mereka berhasil tampil memukau di French Open 2019, dengan mengalahkan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di babak kedua, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen di perempatfinal dan Hiroyuki Endo / Yuta Watanabe di semifinal.

Meskipun akhirnya kalah dari Kevin Sanjaya/Marcus Gideon di babak final, namun hal itu sama sekali tidak membuat mereka gagal untuk kembali menjajaki ranking 10 besar dunia.

Kendati berhasil mencapai ranking 10 besar dunia BWF saat ini, pasangan muda India tersebut rupa-rupanya memiliki target yang lebih tinggi, dimana mereka ingin merusak dominasi top 5 tahun depan.

"Perasaan kami tentu saja senang. Kami masuk ke 10 besar setelah memenangkan Thailand Open tetapi kami hanya di sana selama seminggu. Tujuan kami sekarang adalah mempertahankan peringkat 10 teratas kami sampai akhir tahun ini dan masuk ke 5 teratas tahun depan," ujar Shetty dikutip dari situs resmi BWF.

Sejauh ini hanya ada satu pasangan India yang berhasil mencapai peringkat 10 besar, yakni pasangan Thomas Cuppers India Monoj Guha dan Gajanan Hemmady pada tahun 1950-an.

Meskipun pasangan India lainnya, yakni Sumeeth Reddy/Manu Attri pernah hampir menempati ranking 10 besar dunia di tahun 2016, namun nyatanya mereka mentok di ranking 17 dunia.

Sedangkan pasangan India yang sudah gantung raket, yakni Rupesh Kumar / Sanave Thomas pernah menempati peringkat ke-13 dunia dan belum masuk ke ranking 10 besar dunia.

Kiprah Rankireddy/Shetty bisa dibilang bagus, karena mereka hampir mengalahkan seluruh ganda putra top dunia, kecuali Takeshi Kamur/Keigo Sonoda dan Kevin/Marcus yang kemarin mengalahkan mereka lagi di French Open 2019.