Peluang Juara Ganda Putra Indonesia di Fuzhou China Open 2019: Kevin/Marcus atau Ahsan/Hendra?

Senin, 4 November 2019 18:00 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Humas PBSI
Dengan dua ganda putra terbaik Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan, berpeluang besar juara di Fuzhou China Open 2019. Copyright: © Humas PBSI
Dengan dua ganda putra terbaik Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan, berpeluang besar juara di Fuzhou China Open 2019.

INDOSPORT.COM - Dengan dua ganda putra terbaik Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan, berpeluang besar juara di Fuzhou China Open 2019.

Sempat tak mengirimkan wakil-wakil terbaiknya di Macau Open 2019, Indonesia kembali mengirimkan line up terbaiknya di sektor ganda putra Fuzhou China Open 2019.

Nama Fajar Alfian/Rian Adrianto dan Wahyu Nayaka/Ade Yusuf kembali hadir, bersama dua pasangan unggulan pertama dan kedua, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Peluang Juara

Memiliki pasangan unggulan pertama dan kedua, posisi Indonesia sangat menguntungkan di Fuzhou China Open 2019.  Indonesia punya peluang besar meraih juara, lantaran Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan berada di section yang berlawanan. Kevin Sanjaya/Marcus Gideon di section satu dan Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan di section empat.

Dengan status dan kualitas yang mereka miliki, besar kemungkinan kedua pasangan itu tak akan mudah melewati putaran pertama dan kedua Fozhou China Open 2019.

Namun, kurang mengenakkan untuk  Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan karena mereka berpotensi berhadapan dengan sesama wakil Indonesia, Fajar Alfian/Rian Ardianto di babak perempatfinal.

Pertarungan tersebut menjadi menarik, Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan saat ini masih memiliki head to head imbang 1-1 melawan Fajar Alfian/Rian Ardianto.

Berkaca pada catatan laga terakhir yang menghasilkan kemenangan untuk Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan, maka pasangan berjuluk The Daddies itu layak diunggulkan untuk terus melaju ke semifinal.

Sementara itu di section satu, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon baru akan sedikit menghadapi kesulitan di perempatfinal di mana kemungkinan Han Cheng Kai/Zhou Hao Dong menjadi lawannya.

Tetapi, seperti Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon juga lebih berpeluang lolos ke semifinal, dengan modal unggul head to head 4-3 dan selalu menang di tiga pertemuan terakhir dengan Han Cheng Kai/Zhou Hao Dong.

Semifinal

Di semifinal, jika tak ada kejutan,  Kevin Sanjaya/Marcus Gideon akan dihadang Li Junhui /Liu Yuchen. Meski merupakan unggulan ketiga. Namun, sepertinya Kevin Sanjaya/Marcus Gideon juga tak akan kesulitan menghentikan wakil tuan rumah itu. Mereka punya modal agregat head-to-head 10-2.

Di posisi berlawanan, dengan asumsi tak ada kejutan berarti juga, Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan juga rasanya tak akan kesulitan jika harus bertemu unggulan keempat, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, di semifinal. Mereka juga selalu menang di dua pertemuan terakhirnya.

Berkaca pada skenario di atas, maka besar kemungkinan All Indonesian Final akan terjadi di Fuzhou China Open 2019.  Pertanyaannya tinggal meyisakan, apakah Kevin Sanjaya/Marcus Gideon melanjutkan kedigdayaan di mana mereka selalu menang di sembilan pertandingan terakhir atas Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan. Atau, justru catatan itu berakhir di final Fuzhou China Open 2019.