Jelang Usia 40 Tahun, Federer Merasa Beruntung Bisa Main Tenis

Senin, 11 November 2019 08:34 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Yohanes Ishak
© Harold Cunningham/Getty Images
Roger Federer memenangkan Swiss Indoors Basel. Copyright: © Harold Cunningham/Getty Images
Roger Federer memenangkan Swiss Indoors Basel.

INDOSPORT.COM - Petenis asal Swiss, Roger Federer mengaku dirinya beruntung masih bisa menjadi salah satu petenis kompetitif meskipun sudah hampir berusia 40 tahun.

Dikutip dari Tennis World USA, keberhasilan Federer yang tetap aktif di usia 38 tahun karena dirinya masih rutin berlatih dan terus bekerja keras hingga sekarang.

"Saya belum berusia 40 tahun, tetapi sebentar lagi. Menjadi kompetitif pada usia 38 tampaknya tidak nyata. Impian dan harapan saya untuk bermain setelah menjadi nomor 1 dunia pada tahun 2004 terwujud,” ungkapnya.

Menurut Federer, dirinya kerap berdiskusi dengan pelatih kebugarannya, Pierre Paganini dan mengungkapkan dirinya akan senang bisa bermain melawan generasi yang berbeda.

“Kami memiliki rutinitas latihan setiap hari dan hasilnya kami bisa bertahan 15 tahun setelah saya pernah menjadi petenis nomor satu. Saya bisa bersaing dengan para pemain muda dan saya senang,” tegasnya.

Meskipun demikian, Federer mengaku awalnya ia sempat ragu bisa bermain hingga di usia sekarang. Ia bahkan berpikir hanya bisa bermain sebelum mencapai 35 tahun.

“Tidak banyak orang yang mencapainya. Saya bertanya pada diri sendiri bagaimana hal itu terjadi, karena tak semua orang bisa melakukannya hingga usia 40 tahun seperti Ken Rosewall atau Jimmy Connors,” tambahnya.

Roger Federer hingga kini belum bisa memastikan kapan dirinya akan pensiun dari dunia yang telah membesarkan namanya, namun  yang pasti untuk saat ini ia hanya ingin terus menikmati serunya bermain tenis.