Tanpa Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Bisa Sejauh Apa Indonesia Berprestasi di Hong Kong Open 2019

Senin, 11 November 2019 15:33 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© PBSI
Della Destira Haris/Rizky Amelia Pradipta menjadi satu harapan tersisa Indonesia untuk juara di sektor ganda putri Hong Kong Open 2019 pasca mundurnya Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Copyright: © PBSI
Della Destira Haris/Rizky Amelia Pradipta menjadi satu harapan tersisa Indonesia untuk juara di sektor ganda putri Hong Kong Open 2019 pasca mundurnya Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

INDOSPORT.COM - Della Destira Haris/Rizky Amelia Pradipta menjadi satu harapan tersisa Indonesia untuk juara di sektor ganda putri Hong Kong Open 2019 pasca mundurnya Greysia Polii/Apriyani Rahayu , begini peluangnya.

Greysia Polii/Apriyani Rahayu dipastikan mundur dari Hong Kong Open 2019, Indonesia praktis kini tinggal mengandalkan Della Destira Haris/Rizky Amelia Pradipta di sektor ganda putri.

Dibanding Greysia Polii/Apriyani Rahayu, posisi Della Destira/Rizky Amelia memang tak jauh lebih baik. Della Destira/Rizky Amelia datang ke Hong Kong Open 2019 bukan sebagai pemain unggulan. Berbeda dengan  Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang sebenarnya merupakan unggulan ke-6.

Namun beruntung buat Della Destira/Rizky Amelia dan Indonesia, mereka tak akan langsung berhadapan dengan pemain unggulan di putaran pertama Hong Kong Open 2019.

Della Destira/Rizky Amelia hanya akan melawan Ayako Sakuramoto/Yukiko Takahara, yang secara peringkat tak lebih baik dari rangking 15 yang mereka duduki sekarang. Ayako Sakuramoto/Yukiko Takahara kini merupakan pasangan ganda putri peringkat 18 dunia. 

Kendati demikian, dengan keunggulan itu Della Destira/Rizky Amelia tak lantas bisa memandang sebelah mata calon lawannya nanti. Sebab dalam dua pertemuan sebelumnya melawan pasangan asal Jepang itu, Della Destira/Rizky Amelia selalu menelan kekalahan dalam pertarungan tiga set.

Sebenarnya jika bisa melewati Ayako Sakuramoto/Yukiko Takahara, langkah Della Destira/Rizky Amelia  bisa sedikit lebih diuntungkan di putaran kedua.

Mereka hanya berpotensi menghadapi Chang Ye Na/Kim Hye Rin, pasangan peringkat 20 dunia dari Korea Selatan, yang dalam head to head berhasil diungguli Della Destira/Rizky Amelia, 1-0.

Baru di perempatfinal nanti, potensi lawan berat siap menghadang Della Destira/Rizky Amelia. Jika tak ada kejutan , Della Destira/Rizky Amelia kemungkinan akan berhadapan dengan unggulan keempat Misaki Matsumoto/Ayaka Takahashi.

Di tangan pasangan asal Jepang itu pula, langkah Della Destira/Rizky Amelia kemungkinan berakhir di Hong Kong Open 2019. Sebab, bukan hanya rangking dan status yang tak lebih baik.

Dalam sejarah enam kali pertemuan, Della Destira/Rizky Amelia juga belum sekalipun bisa mencuri kemenangan dari Misaki Matsumoto/Ayaka Takahashi.

Dengan perhitungan tersebut, maka besar kemungkinan paling baik Indonesia hanya bisa menembus sampai babak perempatfinal sektor ganda putri Hong Kong Open 2019, lewat satu-satunya wakil yang ada, Della Destira/Rizky Amelia.