Lawan Pebulutangkis 3 Negara di Hong Kong Open 2019, Bisa Bikin Kejutan Lagi Ruselli Hartawan?

Jumat, 15 November 2019 06:25 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Juni Adi
© breakingnews.co.id
Pemain tunggal putri Ruselli Hartawan Copyright: © breakingnews.co.id
Pemain tunggal putri Ruselli Hartawan

INDOSPORT.COM - Ruselli Hartawan berhasil menghadirkan kejutan di putaran kedua Hong Kong Open 2019 dan akan dihadang Zhang Beiwen di perempatfinal.

Menang dua set langsung 21-18 dan 21-19, Ruselli Hartawan pun akan berhadapan dengan wakil Amerika Serikat Zhang Beiwen di perempatfinal Hong Kong Open 2019, Jumat (15/11/19).

Melawan pebulutangkis yang sempat membela China, Singapura dan hingga kini Amerika Serikat, posisi Ruselli Hartawan nanti masih tetap pada status yang tak diunggulkan.

Sebab secara peringkat Ruselli Hartawan masih tertinggal jauh dari Zhang Beiwen. Dimana Ruselli Hartawan berperingkat 35 dunia saat ini, sementara Zhang Beiwen ada di peringkat 17.

Kendati demikian, peluang besar rasanya masih akan ada buat Ruselli Hartawan di perempatfinal Hong Kong Open 2019 nanti. Karena meski kalah secara peringkat, tunggal putri Indonesia 21 tahun itu justru memiliki modal kemenangan atas Zhang Beiwen di tahun 2019 ini.

Itu terjadi di Macau Open, akhir Oktober 2019, saat Ruselli Hartawan bisa menang dalam dua set langsung 21-19 dan 21-18 atas Zhang Beiwen. 

Jika dihitung secara agregat head to head, Ruselli Hartawan memang masih berimbang 1-1 dengan Zhang Beiwen. Namun kemenangan wakil Amerika Serikat itu terjadi dalam waktu yang sudah cukup lama, tahun 2017 silam di Thailand Open.

Peluang Ruselli Hartawan juga terbuka untuk menang, sebab meski jauh lebih unggul secara peringkat, Zhang Beiwen sebenarnya bukan pebultangkis yang cukup berprestasi di tahun 2019 ini.

Pebulutangkis 29 tahun itu lebih banyak tersingkir di putaran pertama, atau kedua dalam berbagai turnamen yang diikutinya. Capaian di perempatfinal Hong Kong Open 2019 ini merupakan salah satu yang paling baik buat Zhang Beiwen, selain bisa menembus semifinal Swiss Open 2019, bulan Maret lalu.

Berkaca pada hal tersebut, maka besar harapan untuk Ruselli Hartawan bisa kembali membuat kejutan di perempatfinal dan melaju ke semifinal Hong Kong Open 2019. Sekaligus juga membawa nama baik tunggal putri Indonesia yang mulai menurun sepanjang 2019 ini.