Hadapi Penghancur Kevin/Marcus, Ahsan/Hendra Bisa Gigit Jari di Final Hong Kong Open

Sabtu, 16 November 2019 21:17 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Humas PBSI
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berpeluang dikalahkan pebulutangkis Korea Selatan Choi Solgyu/Seo Seung Jae di final Hong Kong Open 2019. Copyright: © Humas PBSI
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berpeluang dikalahkan pebulutangkis Korea Selatan Choi Solgyu/Seo Seung Jae di final Hong Kong Open 2019.

INDOSPORT.COM - Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berpeluang dikalahkan pebulutangkis Korea Selatan Choi Solgyu/Seo Seung Jae di final Hong Kong Open 2019.

Pasangan ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, sukses menembus babak final Hong Kong Open 2019 setelah di semifinal mengalahkan unggulan ketiga Li Jun Hui/Liu Yu Chen.

Di babak final yang akan berlangsung besok, Minggu (17/11/19), Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan akan ditantang pasangan asal Korea Selatan Choi Solgyu/Seo Seung Jae.

Jika melihat status sebagai unggulan kedua turnamen Hong Kong Open 2019, wajar jika Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan akan lebih diunggulkan dibanding Choi Solgyu/Seo Seung Jae.

Tetapi jika meilhat perjalanan pasangan Korea Selatan itu selama Hong Kong Open 2019, sangat mungkin status unggulan tak akan ada artinya.

Karena sebelum akhirnya bisa menembus babak final Hong Kong Open, Choi Solgyu/Seo Seung Jae mampu mengandaskan dua pasangan unggulan.

Di babak pertama, unggulan keempat Takeshi Kamura/Keigo Sonoda menjadi korban. Sebelum di semifinal giliran unggulan ke-6 Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe yang juga berhasil dikalahkan lewat dua set langsung 21-17 dan 21-19.

Memiliki status sebagai pasangan ranking 13 dunia, Choi Solgyu/Seo Seung Jae memang punya segalanya untuk sangat diwaspadai Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di final nanti.

Catatan luar biasa di Hong Kong Open 2019 di mana mereka selalu bisa mengalahkan lawan-lawannya dalam dua set langsung, bisa menguntungkan buat mereka.

Karena mereka relatif lebih memiliki waktu istirahat lebih banyak dan stamina yang tak banyak terkuras dibanding Mohamamd Ahsan/Hendra Setiawan yang babak semifinal harus melawan Li Jun Hui/Liu Yu Chen dalam laga tiga set.

Selain itu, kewaspadaan layak diusung Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan karena Choi Solgyu/Seo Seung Jae juga punya pengalaman yang cukup ketika bersua pasangan ganda putra asal Indonesia.

Sepanjang 2019 ini, Choi Solgyu/Seo Seung Jae sudah tujuh kali berhadapan melawan pasangan asal Indonesia. Termasuk kala mereka bisa mengalahkan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon di putaran kedua BWF World Championship Agustus lalu. 

Meski sebetulnya hingga kini Choi Solgyu/Seo Seung Jae sendiri belum pernah sekalipun berhadapan melawan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. 

Pada akhirnya, dengan catatan mulusnya menembus final, Choi Solgyu/Seo Seung Jae jelas bukan lawan yang bisa dianggap remeh oleh Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Sebab bukan mustahil harapan Indonesia meraih juara itu justru akan gigit jari di final Hong Kong Open 2019.