Legenda Indonesia 'Bantu' Ganda Campuran Jepang untuk Jadi yang Terbaik

Rabu, 27 November 2019 15:55 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Shi Tang/Getty Images
Sudah pensiun sejak Januari lalu, siapa sangka kalau sosok Liliyana Natsir sukses 'membantu' ganda campuran Jepang, yakni pasangan Arisa Higashino/Yuta Watanabe? Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Sudah pensiun sejak Januari lalu, siapa sangka kalau sosok Liliyana Natsir sukses 'membantu' ganda campuran Jepang, yakni pasangan Arisa Higashino/Yuta Watanabe?

INDOSPORT.COM - Sudah pensiun sejak Januari lalu, siapa sangka kalau sosok Liliyana Natsir sukses 'membantu' ganda campuran Jepang, yakni pasangan Arisa Higashino/Yuta Watanabe untuk jadi yang terbaik?

Keputusan Liliyana Natsir untuk mundur dari dunia bulutangkis pada bulan Januari 2019 lalu ternyata menyisakan kesedihan di hati para kompetitornya, tak terkecuali pasangan Yuta/Arisa.

Ya, walaupun pasangan Yuta/Arisa baru berhadapan dengan Liliyana Natsir/Tontowi Ahmad sebanyak tiga kali, namun inspirasi yang diberikan oleh legenda Indonesia tersebut ketika bermain ternyata sangat membekas.

"Ketika aku pertama kali bertanding, aku berpikir apakah ada orang yang hebat, namun setelah aku kalah dan tidak berada di puncak, aku mulai bertahan, beradaptasi dan terus berlatih setiap hari, semua itu berkat dia, Liliyana Natsir," ujar Yuta Watanabe dikutip dari Youtube akun PB Djarum.

Menimpali perkataan rekannya, Arisa Higashino pun mengakui pengaruh sosok Liliyana Natsir dalam kariernya yang menurutnya sangat luar biasa.

"Sejujurnya, aku benar-benar sangat senang saat pertama kali bertanding dan dibiarkan bertanding dengannya tiga atau empat kali," ujar Arisa Higashino.

Pertandingan terakhir Yuta/Arisa dengan Liliyana/Tontowi terjadi di French Open 2018, dimana kala itu, pasangan Jepang berhasil mengalahkan mereka dalam pertandingan rubber game dengan skor akhir 21-16, 16-21, 21-18.

Kini, walaupun sudah tak lagi bertanding, Liliyana Natsir nyatanya belum sepenuhnya meninggalkan dunia bulutangkis, ia masih aktif dalam berbagai event bulutangkis yang diselenggarakan PBSI.