3 Fakta Aldila Sutjiadi, dari Beasiswa di Amerika hingga Catat Sejarah Buat Indonesia di SEA Games

Jumat, 6 Desember 2019 16:57 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Aldila Sutjiadi mengibarkan bendera Indonesia usai meraih medali emas tenis SEA Games 2019 dari nomor tunggal putri. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Aldila Sutjiadi mengibarkan bendera Indonesia usai meraih medali emas tenis SEA Games 2019 dari nomor tunggal putri.

INDOSPORT.COM - Petenis putri Aldila Sutjiadi berhasil menambah pundi-pundi medali emas Indonesia di SEA Games 2019, berikut fakta-faktanya.

Indonesia berhasil menambah satu medali emas di SEA Games 2019 setelah Aldila Sutjiadi bisa mengalahkan wakil Vietnam, Savanna Ly-Nguyen, pada pertandingan final tungal putri di Tennis Center Rizal Memorial Sports Complex, Jumat (06/12/19).

Menang dua set langsung atas Savanna Ly-Nguyen, Aldila Sutjiadi pun semakin menasbihkan dirinya sebagai petenis putri terbaik Indonesia saat ini. Sebab capaian medali emas yang diraihnya di SEA Games 2019, secara langsung juga membuatnya mencatatkan sejumlah rekor.

Apa saja rekor tersebut? Berikut INDOSPORT merangkumkannya bersama fakta lainnya mengenai Aldila Sutjiadi.

Beasiswa Kuliah di Amerika Serikat

Bukan hanya berprestasi di arena tenis, Aldila Sutjiadi juga mampu mencatatkan prestasi di bidang pendidikan. Terbukti saat dirinya mampu lulus dalam status summa cum laude dengan IPK 3,92 dari fakultas Matematika Ekonomi Universitas of Kentucky, Amerika Serikat. 

Lebih hebatnya lagi, Aldila Sutjiadi bisa menempuh kuliah di Universitas of Kentucky melalui jalur beasiswa, yang didapatnya karena prestasi di arena tenis.

Medali Emas PON

Lahir di Jakarta 5 Mei 1995, Aldila Sutjiadi yang sudah akrab dengan dunia tenis sejak masih kecil, menulai karier profesionalnya pada usia 15 tahun.

Yakni kala dirinya betanding dalam turnamen ITF (International Tennis Federation) di Jakarta tahun 2010. Dua tahun setelah debut profesionalnnya, Aldila Sutjiadi langsung mampu mencatatkan prestasi luar biasa, meraih tiga medali emas di PON (Pekan Olahraga Nasional) Riau 2012.

Tiga medali emas tersebut didapat Aldila Sutjiadi lewat nomor tunggal putri, ganda putri dan kategori beregu.

Rekor SEA Games

Seperti yang disebutkan di atas, capaian medali emas di SEA Games 2019, membuat Aldila Sutjiadi bisa mencatatkan beberapa rekor.

Rekor pertama yaitu Aldila Sutjiadi mencatatkan diri sebagai tunggal putri pertama Indonesia yang bisa meraih medali emas di SEA Games, setelah terakhir kali didapat oleh Ayu Fani Damayanti di SEA Games 2011 di Palembang, Indonesia.

Buat Aldila Sutjiadi pribadi, capaian medali emas di SEA Games 2019 ini juga membuatnya memperbaiki rekor terbaiknya di pesta olahraga antar negara se-Asia Tenggara.

Sebab empat tahun lalu, Aldila Sutjiadi hanya mampu meraih medali perunggu di SEA Games 2015.

Selain itu, capaian medali emas SEA Games 2019 ini menjadi tambah spesial, karena artinya Aldila Sutjiadi kini bisa mengawinkan dua medali emas dalam dua tahun berturut. Usai sebelumnya juga mendapatkan medali emas di Asian Games 2018, Jakarta, Indonesia.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
100%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%