3 Fakta BWF World Tour Finals 2019: Dari Debutan Indonesia hingga Dominasi China

Sabtu, 7 Desember 2019 18:15 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Turnamen pamungkas bulutangkis BWF World Tour Finals 2019. Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Turnamen pamungkas bulutangkis BWF World Tour Finals 2019.

INDOSPORT.COM - Berikut 3 fakta dari BWF World Tour Finals 2019 yang menjadi penutup rangkaian 37 turnamen bulutangkis sepanjang 2019 ini.

Turnamen Bulutangkis BWF World Tour Finals 2019 akan segera digelar pekan depan mulai tanggal 11 Desember. Menjadi gelaran yang kedua, seperti tahun sebelumnya BWF World Tour Finals akan kembali berlangsung di Guangzhou, China.

Selain berlangsung di China, Negeri Tirai Bambu itu juga akan masih mendominasi gelaran BWF World Tour Finals dengan jumlah wakilnya yang lebih banyak dibanding negara lain, termasuk Indonesia.

Selain dua kesamaan di atas, gelaran BWF World Tour Finals 2019 sebenarnya mampu menghadirkan banyak fakta baru yang menarik untuk disimak. 

Untuk itu, berikut INDOSPORT coba merangkumkan sejumlah fakta menarik tersebut, berikut tiga di antaranya.

Dua Debutan Indonesia

Di BWF World Tour Finals 2019 banyak pemain debutan atau yang di tahun 2018 lalu tak turut serta. Setidaknya ada 11 pebulutangkis yang akan menjalani debut di BWF World Tour Finals 2019 yang tersebar dalam berbagai nomor.

Indonesia sendiri akan mengirimkan dua debutan di BWF World Tour Finals. Yaitu Jonatan Christie di sektor tunggal putra dan Melati Daeva di sektor ganda campuran, yang akan mendampingi Praveen Jordan.

Praveen Jordan sendiri sudah sempat bermain di BWF World Tour Finals pada tahun lalu, ketika masih berpasangan dengan Debby Susanto.

Dominasi China

Seperti disebut di atas, China masih mampu mendominasi gelaran BWF World Tour Finals 2019 dalam hal mengirimkan wakil terbanyak.

Tersebar merata di semua nomor, China bisa mengirimkan 13 orang pebulutangkis. Unggul satu pebulutangkis dari negara tetanggannya, Jepang dan juga Indonesia.

Angka 13 pebulutangkis itu dihitung berdasarkan jumlah individunya. Atau dalam artian wakil ganda dihitung dalam dua orang/pebulutangkis.

Indonesia Tanpa Wakil Tunggal Putri

Sebagai salah satu negara besar di dunia bulutangkis, Indonesia bisa mengirimkan cukup banyak wakilnya di BWF World Tour Finals 2019.

Menyamai Jepang, Indonesia mampu mengirimkan 12 pebulutangkis. Namun sayangnya, Indonesia harus rela tanpa wakil di sektor tunggal putri, tak ada satupun wakil Indonesia yang bisa turut serta di BWF World Tour Finals 2019.

Hal itu terjadi lantaran tunggal putri terbaik Indonesia di tahun 2019, Fitriani, hanya bisa berada di urutan ke-17, dari hanya delapan pebulutangkis yang bisa tampil di BWF World Tour Finals 2019.

Sementara di sektor lainnya, Indonesia bisa mengirimkan dua wakil di tunggal putra, ganda putra dan ganda campuran. Serta satu wakil di sektor ganda putri BWF World Tour Finals 2019.