Final Bulutangkis SEA Games 2019, Kesempatan Indonesia Gagalkan Dominasi Malaysia

Minggu, 8 Desember 2019 21:53 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Coro Mountana
© WANG ZHAO/AFP/Getty Images
Goh Soon Huat (kanan) dan Lai Shevon Jemie, ganda campuran asal Malaysia. Copyright: © WANG ZHAO/AFP/Getty Images
Goh Soon Huat (kanan) dan Lai Shevon Jemie, ganda campuran asal Malaysia.

INDOSPORT.COM - Final Bulutangkis SEA Games 2019 yang akan berlangsung esok hari, Senin (09/12/19) akan jadi kesempatan untuk Indonesia bisa menggagalkan dominasi Malaysia.

Setelah saling berhadapan di final beregu putra bulutangkis SEA Games 2019, Indonesia dan Malaysia akan kembali beradu gengsi dalam final perorangan yang akan berlangsung esok hari, Senin (09/12/19).

Jika di kategori beregu putra, Indonesia berhasil mengalahkan Malaysia lewat skor 3-1, di final perorangan kali ini situasi kemungkinan berbalik.

Malaysia dengan empat wakilnya yang bisa menembus partai final, berpeluang mendominasi dan melewati Indonesia yang hanya bisa mengirimkan tiga wakilnya di laga pamungkas.

Dengan empat wakilnya di partai final bulutangkis SEA Games 2019, Malaysia berpeluang mendapatkan empat tambahan medali emas. Sebab empat wakil yang mereka miliki itu tersebar merata mulai dari nomor tunggal putra, putri, ganda putra hingga ganda campuran.

Sementara sebagai negara kedua dengan wakil terbanyak kedua di final perorangan bulutangkis SEA Games 2019, praktis Indonesia menjadi kandidat terkuat yang bisa menggagalkan dominasi Malaysia untuk menggondol empat medali emas. Apa lagi ada dua wakil Indonesia yang akan berhadapan langsung dengan wakil Malaysia.

Yakni tunggal putri, Ruselli Hartawan yang akan menghadapi wakil Malaysia Selvaduray Kisona. Dan juga Praveen Jordan/Melati Daeva yang akan bresua Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie.

Peluang Indonesia untuk bisa menggalkan dominasi Malaysia itupun terbuka lebar, sebab di atas kertas dua wakil Indonesia tersebut memiliki kualitas yang lebih baik dari wakil Malaysia.

Di sektor tunggal putri, kualitas Ruselli Hartawan terbukti dari rankingnya yang terpaut jauh dari Selvaduray Kisona. Ruselli ada di peringkat 37 dunia, sementara Selvaduray jauh ada di urutan 104.

Sementara meski hanya terpaut tipis, Praveen Jordan/Melati Daeva juga masih lebih pantas diunggulkan saat melawan Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie.

Dengan status unggulan pertama, berbanding unggulan kedua milik wakil Malaysia, Praveen Jordan/Melati Daeva juga kemungkinan tak akan kesulitan untuk juara. Berkaca pada keberhasilan mereka yang selalu bisa mengalahkan Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie dalam dua kali pertemuan sebelum SEA Games 2019 ini.

Jika dua wakil Indonesia itu benar-benar nantinya bisa keluar sebagai pemenang, maka praktis Malaysia kemungkinan hanya akan mendapatkan dua medali emas dari perorangan bulutangkis SEA Games 2019. Yakni lewat sektor tunggal dan ganda putra.

Berikut Daftar Lengkap Final Perorangan Bulutangkis SEA Games 2019:

Ganda Campuran
Praveen Jordan/Melati Daeva vs Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie (Malaysia)

Tunggal Putra
Ruselli Hartawan vs Selvaduray Kisona (Malaysia)

Tunggal Putra
Loh Kean Yew (Singapura) vs Lee Zii Jia (Malaysia)

Ganda Putri
Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Chayanit Chaladchalam/Phataimas Muenwong (Thailand)

Ganda Putra
Bodin Isara/ManeepongJongjit (Thailand) vs Aaron Chia/Soh Wooi Yik
 

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%