Jalan Terjal Praveen/Melati Melangkah ke Panggung Final WTF 2019

Selasa, 10 Desember 2019 16:07 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Ronald Seger Pprabowo/INDOSPORT
Usai meraih medali emas di SEA Games 2019, perjalanan pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di BWF World Tour Finals 2019 dipastikan terjal. Copyright: © Ronald Seger Pprabowo/INDOSPORT
Usai meraih medali emas di SEA Games 2019, perjalanan pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di BWF World Tour Finals 2019 dipastikan terjal.

INDOSPORT.COM - Usai meraih medali emas di SEA Games 2019, perjalanan pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di BWF World Tour Finals 2019 dipastikan akan penuh dengan lika-liku.

Pasangan Praveen/Melati tergabung di Grup B berdasarkan hasil drawing BWF World Tour Finals 2019 bersama dengan pasangan nomor 1 dunia, Zheng Siwei/Huang Yaqiong, pasangan Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino dan rekan senegara, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.

Tentunya, tergabung di grup yang tidak menguntungkan, seterjal apa perjalanan pasangan Praveen/Melati menuju panggung finals BWF World Tour Finals 2019?

Kembali tergabung segrup bersama Siwei/Yaqiong, Praveen/Melati masih memiliki head-to-head yang jauh dengan pasangan ganda campuran nomor 1 dunia tersebut.

Tetapi, dua pertemuan terakhir yang terjadi di tur Eropa setidaknya bisa menambah kepercayaan diri Praveen/Melati untuk bisa kembali mengalahkan pasangan Siwei/Yaqiong di fase Grup B BWF World Tour Finals 2019.

Sementara dengan pasangan Yuta/Arisa, Praveen/Melati tetap harus waspada meskipun secara head-to-head 2-1 dan pada pertemuan terakhir di Hong Kong Open 2019, pasangan Indonesia kalah atas pasangan Jepang.

Sedangkan dengan rekan senegara yakni Hafiz/Gloria, Praveen/Melati masih menang head-to-head 4-1 sehingga potensi untuk bisa menang di fase Grup B BWF World Tour Finals 2019 sangat terbuka lebar.

Jika bisa menyapu bersih kemenangan di Grup B dengan skor yang besar, maka pasangan Praveen/Melati setidaknya akan cenderung lebih mudah di babak semifinal karena calon lawan yang akan mereka hadapi dari Grup B setidaknya memiliki kualitas yang sama dan tidak jauh berbeda dari mereka.

Tetapi, jika hanya menjadi runner-up, maka di partai semifinal BWF World Tour Finals 2019 akan jauh lebih sulit, karena, paling tidak, mereka akan berhadapan dengan pasangan ganda campuran nomor 2 dunia, Wang Yilyu/Huang Doping, sehingga peluang untuk lolos di final akan jauh lebih berat.

Jadi, berdasarkan hasil tersebut skenario pertama akan membuat langkah Praveen/Melati menuju partai BWF World Tour Finals 2019, tetapi dengan catatan pasangan Wang Yilyu/Huang Doping tidak menjadi runner-up di Grup A.