Fakta Mengejutkan Usai Anthony Ginting Taklukkan Chen Long di BWF World Tour Finals 2019

Sabtu, 14 Desember 2019 17:57 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Shi Tang/Getty Images
Anthony Sinisuka Ginting di laga semifinal BWF World Tour Finals melawan Chen Long. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Anthony Sinisuka Ginting di laga semifinal BWF World Tour Finals melawan Chen Long.

INDOSPORT.COM - Berikut beberapa fakta mengejutkan yang terjadi usai tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting berhasil menaklukkan unggulan China, Chen Long dalam ajang BWF World Tour Finals 2019.

Dalam pertandingan semifinal BWF World Tour Finals pada Sabtu (14/12/19) siang WIB, Anthony Ginting berhadapan dengan peringkat empat dunia, Chen Long dan berhasil meraih kemenangan dengan dua set langsung.

Sempat tertinggal 1-3 di awal gim pertama, Anthony Ginting berhasil bangkit dan berbalik memimpin 9-7 hingga akhirnya meraih set pertama dengan skor 21-15.

Pada set kedua, Anthony Ginting memulai pertandingan dengan start yang baik dan unggul 3-0 atas Chen Long. Bahkan di interval kedua, Anthony Ginting kembali unggul dan memimpin 7-11 atas sang lawan.

Terus menekan, Anthony Ginting pun mengunci kemenangan pada gim kedua dengan skor 21-15 serta memastikan diri melangkah ke babak final.

Di balik kemenangan dua set Anthony Ginting atas Chen Long, terdapat beberapa fakta serta data menarik yang tersaji, salah satunya adalah rekor kekalahan terbanyak sang juara dunia Chen Long di ajang internasional.

Untuk mengetahui lebih lengkap berikut INDOSPORT.COM coba rangkum dan ulas, deretan fakta Anthony Ginting setelah berhasil menaklukkan Chen Long di ajang BWF World Tour Finals 2019.

1. Tunggal Indonesia yang Paling Sering Kalahkan Chen Long
Melansir dari data bwfbadminton.com, diketahui jika Anthony Ginting merupakan tunggal putra asal Indonesia yang paling sering mengalahkan Chen Long di ajang internasional.

Total pebulutangkis kelahiran Cimahi tersebut telah delapan kali mengalahkan Chen Long, jumlah tersebut hanya kalah dari Lee Chong Wei yang telah menumbangkan Chen Long sebanyak 14 kali , serta Lin Dan dengan 9 kemenangan.

2. Tunggal Indonesia Pertama di partai Puncak BWF World Tour
Usai mengalahkan Chen Long di babak semifinal, Anthony Ginting memastikan diri lolos ke partai puncak BWF World Tour 2019 sekaligus menjadi wakil Indonesia pertama yang melangkah ke final di ajang tahun ini.

Anthony Ginting juga menjadi tunggal pertama Indonesia yang berhasil melangkah ke partai final BWF World Tour sejak 2013 silam. Tercatat terakhir kali tunggal putra Tanah Air tampil di final BWF World Tour terjadi enam tahun lalu, yang diraih Tommy Sugiarto setelah mengalahkan Kenichi Tago di semifinal.

3. Kalahkan Chen Long Pertanda Juara Buat Ginting
Terakhir kala Ginting berhasil mengalahkan Chen Long, selalu berbuah gelar juara untuk tunggal putra unggulan Indonesia tersebut. Pertemuan terakhir antara Ginting dan Chen Long terjadi di ajang Victor China Open 2018 bulan September lalu.

Bertemu di babak perempatfinal, Anthony Ginting berhasil meraih kemenangan dengan rubber gim 18-21, 22-20, dan 21-16. Kemenangan tersebut terus berlanjut hingga partai final dan bertemu dengan peringkat satu dunia, Kento Momota.

Dalam laga yang berlangsung di Olympic Sports Center Xincheng Gymnasium tersebut, Ginting berhasil meraih kemenangan dengan dua set langsung 23-21, dan 21-19.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%