Tua-tua Keladi! Ini Fakta Menarik Usai Ahsan/Hendra Juara BWF World Tour Finals 2019

Minggu, 15 Desember 2019 20:19 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Shi Tang/Getty Images
Ekspresi pasangan bulutangkis Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Keduanya baru saja meraih gelar BWF World Tour Finals 2019. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Ekspresi pasangan bulutangkis Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Keduanya baru saja meraih gelar BWF World Tour Finals 2019.

INDOSPORT.COM - Berikut beberapa fakta mengejutkan dan menarik setelah ganda putra unggulan Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menjuarai ajang BWF World Tour Finals 2019.

Dalam pertandingan final BWF World Tour Finals 2019 pada Minggu (15/12/19) sore WIB, ganda putra unggulan Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, berhadapan dengan wakil Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe.

Bertanding di Tianhe Gymnasium, Guangzhou, China, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berhasil menang dengan dua set langsung lewat skor akhir 24-22, dan 21-19.

Setelah sukses meraih kemenangan atas Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe, ganda putra Indonesia berjuluk The Daddies ini selain berhasil meraih gelar juga sukses membalaskan dendam rekan senegaranya, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.

Sebelumnya, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon sempat mengalami kekalahan dari Hiroyuki/Yuta di babak semifinal BWF World Tour Finals pada Sabtu (14/12/19) lalu dengan rubber game lewat skor 11-21, 21-15, dan 10-21.

Selain fakta keberhasilan membalaskan dendam Kevin Sanjaya/Marcus Gideon atas Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe, terdapat beberapa catatan menarik lain yang tersaji setelah kemenangan Ahsan/Hendra sore ini.

Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT.COM coba merangkum dan mengulas, fakta mengejutkan dan menarik setelah ganda putra unggulan Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menjuarai ajang BWF World Tour Finals 2019.

1. Ganda Putra Pertama yang Kawinkan Tiga Gelar
Keberhasilan meraih gelar juara di BWF World Tour Finals 2019, membuat nama Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan resmi menjadi ganda putra pertama yang mampu mengawinkan tiga gelar bergengsi badminton dalam satu tahun.

Tiga gelar tertinggi bulutangkis yang berhasil mereka raih dalam setahun ini antara lain All England (super 1000) bulan Maret lalu, Juara Dunia di bulan Agustus, serta BWF World Tour Finals bulan Desember.

2. Pecahkan Poin
Dengan berhasil menjadi juara di BWF World Tour Finals 2019, kini Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan telah meraih total 99500 poin.

Hanya butuh satu kemenangan lagi di level Super 500, maka Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan akan menjadi pebulutangkis kedua yang bisa mencapai poin hingga 100 ribu.

Pebulutangkis pertama yang mampu meraih 100 ribu poin adalah ganda campuran asal China, Wang Yilyu/Huang Dongping setelah bulan Agustus lalu menjuarai ajang Thailand Open Super 500.

3. Ahsan/Hendra Kuasai 'Lingkaran Setan' Ganda Putra Dunia
Terdapat satu fakta menarik setelah kemenangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan atas Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe, di mana kemenangan tersebut membuat Ahsan/Hendra telah unggul agregat pertemuan hingga 5-0 dari wakil Jepang itu.

Namun di sisi lain, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe yang di semifinal sukses mengalahkan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon juga memperpanjang rekor pertemuan mereka saat menghadapi The Minions menjadi 5-0.

Lucunya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan malah tidak pernah saat berjumpa Kevin Sanjaya/Marcus Gideon di lima pertemuan terakhir.

Dengan kata lain Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berhasil mengalahkan 'Kryptonite' Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dalam lima pertemuan terakhir, walau mereka sendiri tidak pernah menang ketika berjumpa Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.