Malaysia Masters 2020: Peluang Kevin/Marcus Buktikan Kualitas

Kamis, 19 Desember 2019 17:28 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© PBSI
Beberapa catatan menarik jelang berlangsungnya Malaysia Masters 2020, ajang ini jadi peluang Kevin/Marcus buktikan kualitas. Copyright: © PBSI
Beberapa catatan menarik jelang berlangsungnya Malaysia Masters 2020, ajang ini jadi peluang Kevin/Marcus buktikan kualitas.

INDOSPORT.COM - Beberapa catatan serta fakta menarik jelang berlangsungnya Malaysia Masters 2020 bulan Januari mendatang, di mana ajang ini jadi peluang Kevin/Marcus buktikan kualitas mereka sebagai peringkat satu BWF.

Dalam turnamen badminton Super 500 tersebut, Indonesia tidak menurunkan seluruh skuat terbaiknya. Meski begitu, sebanyak 18 pebulutangkis Tanah Air yang tampil di ajang ini dipastikan bakal saling adu demi meraih juara.

Walau tidak menurunkan wakil terbaiknya, namun dari lansiran situs BWF, tournamentsoftware, terdapat enam wakil Indonesia yang berhasil masuk dalam daftar unggulan di ajang Malaysia Masters 2020 nanti.

Pertama dari pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu, yang menempati daftar unggulan kedelapan di sektor ganda putri. Kemudian sektor ganda putra, ada sang juara bertahan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon sebagai unggulan pertama, diikuti Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan sebagai unggulan kedua.

Khusus bagi Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, di pentas Malaysia Masters 2020 nanti mereka tidak cuma berusaha meraih kemenangan dan mempertahankan gelar juara, melainkan jadi ajang pembuktian kualitas bulutangkis mereka.

Dalam beberapa pertandingan terakhir, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon memang mengalami penurunan performa. Bahkan di dua ajang BWF yakni Hong Kong Open dan BWF World Tour Finals, langkah mereka selalu terhenti di semifinal.

Buruknya penampilan Kevin/Marcus sampai mendapat kritikan keras dari sang pelatih, Herry Iman Pierngadi yang menyebut jika permainan The Minions di ajang BWF World Tour sangat kurang maksimal.

“Penampilan Kevin/Marcus di turnamen ini (BWF World Tour Finals 2019) saya bilang kurang maksimal. Karena seharusnya tidak seperti itu hasilnya. Biasanya mereka lebih agresif, lebih semangat dan lebih smart. Tapi sayangnya di babak semifinal kemarin, permainan mereka nggak keluar,” ungkap Herry IP dilansir dari badmintonindonesia.org.

Bahkan di tahun 2019 ini, raport Kevin Sanjaya/Marcus Gideon bisa dibilang menurun lantaran cuma bisa meraih delapan gelar juara, sedangkan di tahun lalu mereka berhasil mendapatkan sembilan gelar.

Kini saat tampil di kelas yang lebih rendah dan menjadi unggulan pertama, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon diwajibkan meraih kemenangan dan membuktikan kualitas mereka sebagai ganda putra nomor satu dunia saat ini.

Peluang Kevin Sanjaya/Marcus Gideon untuk menjadi juara Malaysia Masters 2020 pun terbuka cukup lebar, selain jadi unggulan pertama, sejarah mencatat jika mereka merupakan ganda putra dengan gelar terbanyak (dua kali) di ajang ini sejak pertama kali bergulir pada 2009 silam.

Berbekal catatan tersebut, menarik dinanti kiprah serta perjuangan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon di Malaysia Masters 2020 mendatang, mampukah mereka kembali naik podium dan membuktikan kualitas peringkat satu BWF mereka. Atau malah sebaliknya, The Minions kembali tersandung dan gagal meraih gelar juara di awal tahun 2020 nanti.