Eks Pelatih Sebut 1 Hal yang Bikin Nadal Gagal Jadi Petenis Terhebat Sepanjang Masa

Minggu, 22 Desember 2019 18:09 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Clive Brunskill/Getty Images for Laver Cup
Rafael Nadal di Laver Cup 2019. Copyright: © Clive Brunskill/Getty Images for Laver Cup
Rafael Nadal di Laver Cup 2019.

INDOSPORT.COM – Mantan petenis nomor satu dunia asal Swedia, Stefan Edberg, mengatakan Roger Federer adalah pemain tenis terbesar sepanjang masa, namun Rafael Nadal belum bisa menyainginya.

Stefan Edberg pernah menjadi pelatih Roger Federer selama dua tahun, menurutnya semua prestasi yang berhasil diraih Federer, berkat kerja kerasnya dan terlebih saat mengetahui bagaimana perjuangan Federer sebelum berada di puncak.

"Setelah 30 tahun saya sudah menjuarai berbagai ajang, final Nitto ATP telah berubah menjadi ajang yang besar. Saya merasa ATP Tour Finals menjadi lebih penting bagi generasi sekarang ketimbang turnamen tenis lainnya,” ujar Stefan Edberg dilansir dari laman Tennisworldusa.

Dalam sebuah wawancara dengan paman Rafael Nadal, Toni Nadal menyebutkan bahwasannya ia tidak berpendapat petenis terbaik adalah Federer atau Rod Laver.

"Sejauh ini saya tidak berpikir jika yang terbaik adalah Federer atau Rod Laver. Sangat sulit untuk mengatakan siapa yang terbaik. Saya tidak suka alasan dan saya tidak mau memberikan pendapat,” ujar Toni Nadal.

“Saya kira jika Rafael tidak banyak mengalami cedera, mungkin ia akan menjadi petenis yang terbaik, Mari kita tunggu sampai akhir ketika mereka sudah memutuskan untuk pensiun di dunia tenis, maka kita bisa mengatakan siapa petenis yang terbaik.”

Menurut Toni Nadal, sulit untuk mengatakan kriteria petenis yang terbaik seperti apa, tetapi tidak ada perbedaan antara Federer, Djokovic, maupun Rafael ketika mereka pensiun. Rafael Nadal bisa menjadi yang terhebat seandainya tidak banyak mengalami cedera.

Penulis: Kurnia Sandi