Jumlah Gelar di 2019 Sama, Hadiah Siapa yang Paling Banyak antara Kento Momota vs Kevin/Marcus?

Selasa, 24 Desember 2019 22:03 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Juni Adi
© INDOSPORT
Kento Momota dan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon memiliki gelar BWF World Tour yang sama tahun ini, apakah pendapatan hadiah mereka juga sama? Copyright: © INDOSPORT
Kento Momota dan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon memiliki gelar BWF World Tour yang sama tahun ini, apakah pendapatan hadiah mereka juga sama?

INDOSPORT.COM - Kento Momota dan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon memiliki gelar BWF World Tour yang sama pada tahun ini, apakah pendapatan hadiah mereka juga sama?

Kento Momota dan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon sukses mempertahankan posisi mereka sebagai pebulutangkis nomor satu dunia di sektornya masing-masing.

Bukan hanya itu, mereka juga mampu menjadi pebulutangkis dengan jumlah gelar BWF World Tour terbanyak tahun 2019 ini. Dimana sama-sama meraih delapan gelar juara (tidak termasuk gelar juara BWF World Tour Finals 2019).

Jika merunjuk pada jumlah gelar tersebut, kombinasi hadiah yang diraih Kevin Sanjaya/Marcus Gideon mestinya jauh lebih unggul dari Kento Momota.

Sebab, hadiah di sektor ganda pasti akan lebih banyak dibandingkan dengan hadiah juara dari sektor tunggal. Namun apakah kenyataannya demikian?

Hadiah Juara Kento Momota vs Kevin Sanjaya/Marcus Gideon 

Tahun 2019 ini, secara total Kevin Sanjaya/Marcus Gideon bisa meraih pendapatan dari hadiah mencapai angka USD 505.832,5 atau hingga lebih dari Rp6,9 miliar.

Atau yang jika digabungkan dengan pendapatan hadiah tiga tahun ke belakang, jumlah pendapatan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon  menyentuh angka USD1.595.038 atau mencapai lebih dari Rp22 miliar.

Jumlah tersebut mengungguli jumlah pendapatan Kento Momota, dalam rentan waktu yang sama. Yakni hanya sebesar USD 1.220.339 atau Rp16,8 miliar.

Namun jika merujuk hanya pendapatan hadiah di tahun 2019 ini, Kento Momota nyatanya bisa sedikit mengungguli Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.

Sebab, pebulutangkis Jepang itu bisa meraup hingga USD 536.900 atau sekitar Rp7,4 miliar sepanjang tahun 2019 ini. Jumlah tersebut juga termasuk hadiah dari gelar juara di BWF World Tour Finals 2019, yang mencapai USD 120 ribu atau Rp1,6 miliar.

Tanpa Hasil BWF World Tour Final

Keunggulan Rp7,4 miliar milik Kento Momota, berbanding Rp6,9 miliar milik Kevin Sanjaya/Marcus Gideon menjadi menarik, jika dikurangi hadiah dari BWF World Tour Finals 2019. Sebab jika berdasarkan hitungan tersebut, maka Kevin Sanjaya/Marcus Gideon  lah yang akan unggul.

Jika dikurangi hadiah sebagai semifinalis BWF World Tour Finals 2019, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon terhitung mendapatkan hadiah sekitar Rp6,5 miliar. 

Sementara Kento Momota sebagai juara BWF World Tour Finals 2019, akan berkurang drastis pendapatannya. Berkurang hingga Rp1,6 miliar atau berada di kisaran Rp 5,8 miliar. 

Jadi jika perhitungannya berdasarkan jumlah gelar, antara Kento Momota dan Kevin/Marcus yang sama sepanjang tahun 2019 ini, maka benar sebagai pasangan ganda, jumlah pendapatan pasangan Indonesia jauh lebih unggul dari tunggal putra Jepang itu.