Alamsyah Yunus, Tunggal Putra Pertama Indonesia yang Juara di Malaysia Master

Rabu, 25 Desember 2019 23:22 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Juni Adi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Alamsyah Yunus adalah tunggal putra Indonesia yang pertama berhasil meraih gelar di turnamen bulutangkis Malaysia Master.

Seperti kebanyakan turnamen bulutangkis lainnya, gelaran Malaysia Master didominasi dengan kesuksesan wakil tuan rumah. Dimana Malaysia bisa memimpin perolehan gelar hingga 12.

Indonesia sendiri sebenarnya bisa cukup mengimbangi, dengan 11 gelar juara yang didapat sejauh ini. Salah satunya lewat sektor tunggal putra di tahun 2013 melalui Alamsyah Yunus.

Gelar juara di Malaysia Master 2013 atau yang kala itu masih bernama Malaysia Open Grand Prix Gold, membuat Alamsyah Yunus menjadi tunggal putra Indonesia pertama yang bisa membawa pulang gelar dari turnamen tersebut.

Kala itu, Alamsyah Yunus mampu meyudahi dominasi tunggal putra Malaysia Lee Chong Wei, yang dalam empat gelaran turnamen Malaysia Master sebelumnya sellau bisa meraih gelar juara.

Keberhasilan Alamsyah Yunus meraih gelar juara saat itu juga tak lepas dari walk out-nya Lee Chong Wei sejak babak pertama turnamen tahun 2013.

Namun bukan berarti Alamsyah Yunus juga tanpa perjuangan. Sebab setidaknya tiga wakil tuan rumah harus dikalahkannya sebelum akhirnya meraih gelar juara.

Termasuk salah satunya yang terberat, Goh Soon Huat. Tunggal putra Malaysia yang dikalahkannya di pertandingan final dalam skor 10-21, 21-9 dan 21-19.

Selepas keberhasilannya meraih gelar juara di tahun 2013, sayangnya Alamsyah Yunus harus langsung tersisih di putaran pertama Malaysia Master 2014.

Tetapi beruntung buat Indonesia, karena di tahun itu Simon Santoso tetap bisa membawa pulang gelar juara ke tanah air.
Baru setelah gelar juara yang diberikan Alamsyah Yunus dan Simon Santoso, wakil-wakil Indonesia tak pernah sekalipun lagi membawa gelar juara Malaysia Master dari sektor tunggal putra ke tanah air.