Evaluasi Petenis Putra Christopher Rungkat di Tahun 2019: Pecahkan Sejumlah Rekor

Rabu, 25 Desember 2019 15:54 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Lanjar Wiratri
© AFP / GLYN KIRK
Petenis putra Indonesia Christopher Rungkat mampu menjalani tahun 2019 dengan capaian tertinggi, mulai dari juara hingga peringkat dunia. Copyright: © AFP / GLYN KIRK
Petenis putra Indonesia Christopher Rungkat mampu menjalani tahun 2019 dengan capaian tertinggi, mulai dari juara hingga peringkat dunia.

INDOSPORT.COM - Petenis putra Indonesia Christopher Rungkat mampu menjalani tahun 2019 dengan capaian tertinggi, mulai dari juara hingga peringkat dunia.

Tahun 2019 menjadi periode yang luar biasa buat petenis putra Indonesia Christopher Rungkat. Turun di nomor ganda, petenis 29 tahun itu mampu mencatatkan sejumlah rekor yang cukup membanggakan.

Salah satunya ketika dirinya bisa memecahkan rekor untuk pertama kalinya dalam 16 tahun terakhir, sebagai pasangan ganda campuran tenis Indonesia yang bisa meraih medali emas di SEA Games.

Turun bersama Aldila Sutjiadi, Christopher Rungkat sukses meraih medali emas SEA Games 2019 setelah mengalahkan petenis senior Thailand, Tamarine Tanasugarn dan Sanchai Ratiwatana.

Bukan hanya di SEA Games, di turnamen tenis dunia, ATP Tour, Christopher Rungkat juga mampu mencatatkan sejumlah rekor. 

Rekor pertama yakni ketika untuk pertama kalinya sepanjang sejarah dirinya bisa menembus final ATP Tour 250 di Sofia Open, sata berpasangan dengan petenis Chinese Taipei, Cheng-Peng Hsieh.

Sayangnya di final tersebut Christopher Rungkat/Cheng-Peng Hsieh harus menyerah dari duet Jurgen Melzer/Nikola Mektic.

Rekor selanjutnya yang bisa didapat Christopher Rungkat tahun ini adalah saat untuk pertama kalinya sepanjang karier di dunia tenis internasional, dirinya bisa menembus peringkat terbaik di posisi 68.

Posisi tersebut didapat Christopher Rungkat pada 17 Juni 2019, yang sayangnya lagi-lagi harus turun perlahan, hingga akhir tahun ini ada di peringkat 96 dunia.

Selain capaian rekor di atas, karier manis Christopher Rungkat sepanjang tahun 2019 ini juga dilengkapi dengan berbagai gelar juara di turnamen tenis international berlabel ATP Challenger Tour. Mulai dari di Vietnam Airlens Tennis Open, Pinghsan Open, Busan Open Challenger dan Gwangju Open Challanger.