Beramal untuk Kebakaran Hutan Australia, Kyrgios Pakai Cara Unik

Jumat, 3 Januari 2020 18:06 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© RvS.Media/Monika Majer/Getty Images
Nick Kyrgios di Laver Cup 2019 melawan Roger Federer. Copyright: © RvS.Media/Monika Majer/Getty Images
Nick Kyrgios di Laver Cup 2019 melawan Roger Federer.

INDOSPORT.COM - Dahsyatnya kebakaran hutan yang terus berkobar di Australia mengundang perhatian dari berbagai pihak. Sejumlah penggalangan dana telah dilakukan. Salah satunya dari petenis Australia, Nick Kyrgios, yang menjadi petenis pertama yang menjanjikan sumbangan dana bagi para penyintas kebakaran.

Menjelang piala ATP perdana, bintang tenis kelahiran 27 April 1995 tersebut melakukan aksi pengumpulan dana untuk korban yang terdampak kebakaran.

“Semakin banyak disebarluaskan, saya pikir kami memiliki potensi untuk melakukan sesuatu yang cukup istimewa di sana,” ungkap Kyrgios seperti dilansir ABC.

Selain itu, cara yang dilakukan Nick terbilang unik. Kyrgios mengaku akan menyumbangkan 200 dolar AS (sekitar 2,8 juta rupiah) setiap kali dirinya mencetak ace di pertandingan pada musim panas ini. Hal itu ia ungkapkan dalam akun Twitter miliknya, Rabu malam (01/01/20) dan Kamis sore (02/01/20).

Petenis yang mewakili Australia di Brisbane pada piala ATP kali ini mengaku prihatin dengan keadaan yang sedang menimpa negaranya, terutama kampung halamannya, Canberra yang terdampak kebakaran hebat.

“Semua patah hati musim panas ini. Cukup tragis apa yang terjadi, terutama dengan kampung halaman saya, Canberra, yang sedikit dikepung asap paling berbahaya di dunia saat ini,” tutur Nick.

Tak hanya itu, petenis nomor 30 dunia itu juga mengajak sesama petenis Australia untuk turut memberikan sumbangan dengan cara menyisihkan sejumlah uang setiap kali bertanding.

Ide Nick tersebut mendapat sambutan hangat dari sesama petenis lainnya. Rekan setim Australia, Alex de Minaur menjawab postingan Nick tersebut dengan berjanji akan menyumbangkan 250 dolar AS per servis ace.

“Saya menyukainya. Saya akan mendonasikan 250 dolar AS per servis ace. Ini karena saya rasa saya tidak akan bisa melakukan servis ace sebanyak kamu, kawan,” tulis Alex menganggapi postingan Kyrgios.

Selain Alex, petenis Australia, Jhon Millman dan Dylan Alcott juga berjanji akan memberikan sumbangan untuk membantu para penyintas kebakaran. Masing-masing petenis itu akan memberikan 100 dolar AS untuk setiap laga yang mainkan.

Sementara itu, Asosiasi Tenis Dunia (ATP) pun turut menyusul langkah yang telah dilakukan Kyrgios dengan berjanji akan mendonasikan sejumlah uang.

Piala ATP, yang akan dimainkan di Sydney, Perth, dan Brisbane mulai Jumat (03/01/20) hari ini, menyambut baik ide Kyrgios. Setiap servis ace, mereka akan menyumbang 100 dolar AS dan diprediksi akan mengumpulkan donasi sebesar 150 ribu dolar AS.

Penulis: Reynold Atagoran