Gagal Total di Malaysia Masters 2020, Ruselli Hartawan Bongkar Biang Keladinya

Jumat, 10 Januari 2020 13:53 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Ronald Seger Pprabowo/INDOSPORT
Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Ruselli Hartawan membeberkan biang keladi yang menyebabkan ia gagal total di Malaysia Masters 2020. Copyright: © Ronald Seger Pprabowo/INDOSPORT
Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Ruselli Hartawan membeberkan biang keladi yang menyebabkan ia gagal total di Malaysia Masters 2020.

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Ruselli Hartawan membeberkan biang keladi yang menyebabkan ia gagal total di Malaysia Masters 2020.

Ruselli harus menelan kenyataan pahit tersingkir di babak kedua Malaysia Masters 2020 usai ditumbangkan oleh He Bing Jiao (China) di pertandingan dua game langsung dengan skor 13-21, 17-21.

Ini merupakan keempat kalinya Ruselli berjumpa dengan He. Dalam empat pertemuan tersebut, Ruselli belum bisa memetik kemenangan dari pemain rangking tujuh dunia tersebut.

Pasalnya, ia kerap melakukan kesalahan, serta bermain kurang fokus dan tenang. Tak hanya itu, penampilan He Bing Jiao dengan menyuguhkan teknik jumping smash juga dianggap sebagai biang keladi kekalahannya lantaran tak mampu ditepis oleh tunggal putri Tanah Air tersebut.

"Secara keseluruhan, saya tadi banyak mati sendiri. Lawan memang susah dihadapi, tapi sebetulnya masih ada peluang. Tadi banyak error karena kurang tahan, buru-buru mau mematikan jadinya bikin kesalahan. Maunya main bagus tapi kurang tahan," ujar Ruselli Hartawan, dilansir dari PBSI.

“Apalagi lawan itu bola atasnya sering tidak terduga karena dia sering jumping smash. Tentunya saya kecewa kalah di babak kedua, nggak sesuai dengan harapan saya. Paling tidak kalau kalah bisa kasih perlawanan, tapi tadi di game kedua sudah mepet tapi jauh lagi skornya,” tambahnya.

Ruselli Hartawan pun bertekat untuk belajar dari kekalahannya tersebut, terutama berlatih lebih giat dan mempertajam teknik bertahannya agar tidak mudah mendapatkan serangan dari lawannya.

"Evaluasinya, saya harus banyak latihan lagi, lebih giat lagi latihannya, terutama melatih ketahanan," sambungnya.

Dengan hasil ini, maka sektor tunggal putri masih belum bisa mengirim wakil ke babak perempat final. Sebelumnya tiga wakil Indonesia sudah terhenti yaitu Gregoria Mariska Tunjung, Fitriani dan Lyanny Alessandra Mainaky.

Sementara itu, satu-satunya wakil di tunggal putra, Jonatan Christie, sudah memastikan tempat di babak perempatfinal Malaysia Masters 2020 usai mengalahkan Rasmus Gemke (Denmark), dengan skor 22-20, 21-13.