Dampak Virus Corona, Ganda Malaysia Ketar-ketir soal Tiket Olimpiade 2020

Senin, 3 Februari 2020 09:00 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Robertus Pudyanto/Getty Images
Pasangan bulutangkis Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing, tampaknya sedang gelisah mengenai tiket untuk Olimpiade 2020 lantaran virus corona. Copyright: © Robertus Pudyanto/Getty Images
Pasangan bulutangkis Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing, tampaknya sedang gelisah mengenai tiket untuk Olimpiade 2020 lantaran virus corona.

INDOSPORT.COM - Pasangan bulutangkis Malaysia, Tan Kian Meng dan Lai Pei Jing, tampaknya sedang gelisah mengenai tiket untuk Olimpiade 2020 lantaran virus corona yang masih mengganggu jadwal penyelenggaraan beberapa kejuaraan olahraga.

Sampai hari ini, virus corona masih menimbulkan masalah di China dan negara-negara sekitarnya, termasuk Indonesia. Beberapa waktu yang lalu, BWF (Badminton World Federation), telah mengumumkan bahwa turnamen Lingshui China Masters 2020 sudah ditunda.

Kali ini, mereka dikabarkan juga akan menjajaki kemungkinan untuk menunda kejuaraan bulutangkis Asian Badminton Championships (ABC), jika virus corona masih belum tertangani. ABC sendiri memang akan digelar di Wuhan, China, di mana tempat tersebut merupakan sumber dari virus corona.

Jika BWF benar-benar menunda kompetisi itu, maka hal ini bisa menjadi kabar buruk bagi pasangan ganda campuran Malaysia, Tan Kian Meng dan Lai Pei Jing. Melansir dari laman portal berita olahraga The Star, Asian Badminton Championships adalah salah satu jalan bagi mereka untuk bisa mendapatkan tiket Olimpiade 2020 Jepang.

Begini penjelasannya. Saat ini, Kian Meng/Pei Jing masih menempati peringkat 13 di ranking BWF Race to Tokyo, sementara untuk bisa mendapatkan tiket ke Olimpiade Jepang, semua partisipan wajib menempati setidaknya posisi delapan besar dunia.

Oleh karena itu, siapapun yang masih di luar delapan besar, harus mengikuti beberapa kejuaraan untuk menaikkan ranking.

Termasuk Kian Meng/Pei Jing. Ganda campuran Malaysia itu rencananya bakal mengikuti Asian Badminton Championships di Wuhan untuk membantu menaikkan ranking mereka. Namun ternyata, BWF justru masih menyelidiki tempat tersebut, apakah layak atau tidak bagi para atlet untuk berlaga, terkait wabah corona.

"Kami sebenarnya sangat membutuhkan poin yang lebih banyak. Jadi, setiap kejuaraan bisa membantu kami untuk mendapatkannya. Kami tidak bisa melakukan apapun dalam hal ini (terkait ABC). Saya dan Pei Jing harus mendapatkan hasil yang bagus di beberapa pertandingan lain," ujar Kian Meng.

Selain mereka, sebenarnya ada pasangan Malaysia lain yang juga terancam tidak bisa berpartisipasi di Olimpiade Jepang 2020. Mereka adalah Goh V Shem/Tan Wee Kiong. Namun, mereka tidak terkendala karena virus corona, melainkan karena telat mendaftar di beberapa laga yang bisa membantu mereka untuk mengumpulkan poin.