Badminton Asia Team Championships 2020: Ada Faktor Krusial di Balik Kemenangan Siti/Ribka

Kamis, 13 Februari 2020 14:48 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto mampu mengamankan kemenangan atas wakil Thailand di Badminton Asia Team Championships 2020 Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto mampu mengamankan kemenangan atas wakil Thailand di Badminton Asia Team Championships 2020

INDOSPORT.COM – Ganda putri Indonesia, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto mampu mengamankan kemenangan atas wakil Thailand, Chayanit Chaladchalam/Phataimas Muenwong di Badminton Asia Team Championships 2020, Kamis (13/02/20).

Siti/Ribka mampu menyumbang poin kedua untuk tim Merah-Putih setelah mengatasi perlawanan wakil Thailand dengan skor 21-17, 21-12 di babak penyisihan grup Y Badminton Asia Team Championships 2020.

Kemenangan ini sekaligus membayar kekalahan di SEA Games 2019 lalu, pada partai final beregu putri, Fadia/Ribka dikalahkan Chaladchalam/Muenwong dengan skor 8-21, 17-21.

Fadia/Ribka mencoba untuk tidak terbebani saat tim tengah tertinggal 1-2 usai kekalahan Apriyani Rahayu/Ni Ketut Mahadewi Istarani dan Ruselli Hartawan, mereka mengungkapkan bahwa mentalitas menjadi faktor penting selain skill untuk memenangkan laga tersebut.

"Di awal memang ada beban, tapi tadi bagaimana pintar-pintar mengatasinya saja di lapangan. Sebetulnya lawan mainnya sama dengan di SEA Games, tapi kali ini kami lebih siap dan mereka banyak melakukan kesalahan sendiri," kata Fadia, dilansir dari laman PBSI.

"Setelah kekalahan di SEA Games, kami sadar kalau di level senior itu skill saja nggak cukup, jadi harus lebih siap juga mentalnya," ujar Ribka.

"Dari kekalahan kemarin, kami ada keinginan mau balas dan menyumbang poin untuk tim. Saya dan Fadia dari awal sudah komunikasi, pokoknya gimana caranya kami harus sumbang poin," tambahnya.

Meski telah mengamankan kemenangan, namun wakil Indonesia, Choirunnisa yang bermain di partai kelima gagal meraih kemenangan sekaligus membuat Tanah Air gagal menjadi juara grup Y Badminton Asia Team Championships 2020.