Respon Richard Mainaky Terhadap Rencana Pensiun Tontowi Ahmad Dari Dunia Bulutangkis

Selasa, 25 Februari 2020 04:20 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Yohanes Ishak
© Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Respon Richard Mainaky Terhadap Rencana Pensiun Tontowi Ahmad Copyright: © Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Respon Richard Mainaky Terhadap Rencana Pensiun Tontowi Ahmad

INDOSPORT.COM - Respon pelatih ganda campuran Indonesia, Richard Mainaky atas rencana pensiun yang sempat diucapkan Tontowi Ahmad beberapa waktu lalu.

Jagat bulutangkis Tanah Air belakangan dihebohkan dengan rumor gantung raket atau pensiun salah satu pasangan ganda campuran terbaik Indonesia, Tontowi Ahmad.

Rumor tersebut bahkan dibenarkan langsung sang pelatih, Richard Mainaky, yang mengaku telah dihubungi Tontowi Ahmad beberapa waktu lalu dan menyebut jika Owi memang menyatakan minat untuk gantung raket.

Keputusan pensiun Tontowi Ahmad sendiri cukup mengejutkan, mengingat di usianya saat ini Owi masih bisa bersaing melawan beberapa ganda campuran top dunia, namun Recky mengaku hal tersebut lumrah di dunia olahraga.

"Saya sudah mengalami masa pensiun seorang atlet dari tahun 2000 lalu, ya seorang atlet pasti akan sampai ke masa itu (pensiun)," ucap Richard Mainaky kepada INDOSPORT.

Richard Mainaky menjelaskan, jika sebagai pelatih dirinya selalu berdiskusi dengan para atlet senior khususnya yang berencana gantung raket serta bertanggung jawab dalam regenerasi ganda campuran Indonesia.

"Saya selalu berdiskusi jauh-jauh hari dengan atlet yang sudah senior, jadi tinggal waktunya kapan pensiun kita sudah punya plan, dan tugas seorang pelatih juga harus selalu siapkan pengganti dari generasi ke generasi," tutup Richard.

Mundurnya Tontowi Ahmad dari dunia bulutangkis, dikabarkan lantaran performa atlet berusia 31 tahun tersebut tidak kunjung membaik pasca berpisah dari Liliyana Natsir yang pensiun awal Januari 2019 silam.

Selama berpartner dengan Liliyana Natsir, Tontowi Ahmad berhasil meraih sejumlah prestasi mentereng seperti medali emas Olimpiade 2016, serta masing-masing dua kali juara dunia dan SEA Games.

Namun ketika berganti pasangan mulai dari Winny Oktavina Kandow hingga Apriyani Rahayu, tidak satupun gelar juara yang berhasil diraih Tontowi Ahmad.

Kurang impresifnya para pengganti Liliyana Natsir sebagai tandem Tontowi Ahmad di nomor ganda campuran, membuat pebulutangkis kelahiran Banyumas ini dikabarkan bakal segera pensiun akhir tahun nanti.