Tontowi Ahmad Dikabarkan Mau Pensiun, Ini Saran Susy Susanti

Kamis, 27 Februari 2020 13:18 WIB
Penulis: Shintya Maharani, Edo Bramantio | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Theresia Simanjuntak/INDOSPORT
Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PBSI, Susy Susanti, memberikan respons tak terduga ketika ditanya mengenai kabar Tontowi Ahmad pensiun. Copyright: © Theresia Simanjuntak/INDOSPORT
Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PBSI, Susy Susanti, memberikan respons tak terduga ketika ditanya mengenai kabar Tontowi Ahmad pensiun.

INDOSPORT.COM - Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PBSI, Susy Susanti, memberikan respons tak terduga ketika ditanya mengenai kabar bahwa bintang bulutangkis Indonesia, Tontowi Ahmad, mengundurkan diri dari PBSI atau pensiun sebagai atlet.

Beberapa waktu yang lalu, mantan rekan Liliyana Natsir, Winny Oktavina Kandow, dan Apriyani Rahayu, Tontowi Ahmad, secara resmi tidak mengikuti kejuaraan Spain Masters 2020. Hal itu dikarenakan Tontowi atau yang akrab disapa Owi itu dikabarkan mengalami gejala tifus sejak awal Februari 2020.

Ternyata, beberapa hari setelahnya, muncul kabar lagi bahwa atlet berusia 32 tahun itu berencana untuk pensiun.

Pasalnya, setelah tidak lagi dipasangkan dengan Liliyana atau Butet, performa Tontowi tidak menjadi lebih baik meski sudah ganti pasangan dengan Winny dan Apriyani. Rumor pensiun ini ternyata dibenarkan oleh pelatih ganda campuran, Richard Mainaky.

Ternyata, berdasarkan wawancara langsung oleh pihak INDOSPORT dengan Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PBSI, Susy Susanti, legenda bulutangkis Indonesia itu mengatakan bahwa Tontowi belum memberikan pernyataan baik secara tertulis maupun lisan kepada Susy. Sehingga, atlet wanita berusia 49 tahun itu belum bisa mengambil tindakan apapun.

"Belum ada pernyataan resmi maupun lisan dari Owi. Jadi, saya tidak bisa komentar apa-apa. Karena, memang belum ada apa-apa sampai sekarang baik ke saya maupun ke pengurus, baik lewat surat maupun ketemu itu masih belum," ujar Susy.

"Jadi, nunggu dulu. Kalau saya, kalau tidak ada pernyataan resmi atau hanya lisan saja, sebaiknya suruh resmi deh. Biar tahu. Kalau lisan saja ke saya, saya bilang gak baik. Biasanya saya selalu suruh bikin surat. Karena, saya harus secara administrasi juga ke PBSI sehingga SK-nya itu pasti akan dicabut," lanjutnya.

"Saya tidak bisa komentar karena memang tidak ada pernyataan resmi dan tidak ada pengunduran diri secara resmi dan pembicaraan juga masih belum. Baru ke pelatih. Jadi, dianggapnya ya biasa aja buat kita, begitu," pungkasnya.

Dengan demikian, Tontowi Ahmad kemungkinan besar memang ingin berencana untuk pensiun lantaran menurunnya performa sejak ditinggal oleh Liliyana Natsir sebagai partner bulutangkisnya di ganda campuran. Namun, pembicaraan tersebut baru sebatas dirinya dengan sang pelatih, Richard, dan belum sampai ke PBSI.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
100%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%