Melihat Peluang Kevin/Marcus di Semifinal All England, Menang Mudah?

Sabtu, 14 Maret 2020 11:33 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Shi Tang/Getty Images
Kevin Sanjaya/Marcus Gideon bakal berhadapan dengan pasangan ganda putra Chinese Taipei Lee Yang/ Wang Chi-Lin di babak semifinal All England 2020. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Kevin Sanjaya/Marcus Gideon bakal berhadapan dengan pasangan ganda putra Chinese Taipei Lee Yang/ Wang Chi-Lin di babak semifinal All England 2020.

INDOSPORT.COM – Ganda putra andalan Indonesia Kevin Sanjaya/Marcus Gideon berhasil menginjakkan kaki di babak semifinal All England 2020.

Itu diraih setelah Kevin/Marcus mampu menumbangkan wakil Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik di babak perempatfinal dengan skor 21-17 dan 21-19, Sabtu (14/03/20) dini hari WIB.

Meski sempat tertinggal di interval pertama, namun Kevin/Marcus tetap menampilkan mental juara dan menyingkirkan pasangan ganda putra Malaysia dengan dua set langsung.

Sekedar informasi tambahan, Kevin/Marcus terus melanjutkan tren positifnya ketika berhadapan dengan Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Kemenangan di perempatfinal All England 2020, membuat Kevin/Marcus berhasil mengalahkan Aaron Chia/Soh Wooi Yik untuk ketujuh kalinya sepanjang sejarah pertemuan mereka.

Terlepas dari itu, kali ini INDOSPORT mencoba untuk melihat peluang Kevin/Marcus di babak semifinal All England 2020 yang akan dilangsungkan malam nanti.

Kevin/Marcus sendiri bakal berhadapan dengan pasangan ganda putra Chinese Taipei Lee Yang/ Wang Chi-Lin di babak semifinal All England 2020.

Kedua pasangan tersebut nyatanya baru bertemu dua kali di ajang bulutangkis, yakni pada Sudirman Cup 2019 dan Malaysia Open 2019 lalu.

Dalam dua kesempatan tersebut, Kevin/Marcus berhasil memenangkan pertandingan dengan cukup meyakinkan. Pertemuan pertamanya terjadi pada ajang Malaysia Open 2019.

Pada saat itu, Kevin/Marcus mampu memenangkan pertandingan putaran pertama atas Lee Yang/ Wang Chi-Lin dua set langsung dengan jarak yang cukup jauh, yakni 21-13 dan 21-12.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan sukses melaju ke babak semifinal Indonesia Masters 2020 usai menumbangkan wakil Chinese Taipei, Lee Yang/Wang Chi-Lin, Jakarta, (17/01/20). Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTMohammad Ahsan/Hendra Setiawan sukses melaju ke babak semifinal Indonesia Masters 2020 usai menumbangkan wakil Chinese Taipei, Lee Yang/Wang Chi-Lin, Jakarta, (17/01/20).

Sayangnya, Kevin/Marcus harus tersingkir di babak perempatfinal Malaysia Open 2019 usai kalah dari rekan senegaranya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (21-23, 21-19, dan 18-21).

Selang satu bulan, Kevin/Marcus dan Lee Yang/ Wang Chi-Lin kembali dipertemukan di babak perempatfinal Sudirman Cup 2019. Keduanya dipertemukan saat Indonesia bertemu Chinese Taipei.

Tampil di pertandingan pertama, Kevin/Marcus berhasil memberikan satu poin untuk Indonesia setelah menumbangkan Lee Yang/ Wang Chi-Lin dengan skor 21-17 dan 21-17.

Alhasil, Indonesia berhasil melangkah ke babak semifinal Sudirman Cup 2019 usai menumbangkan Chinese Taipei (3-2), sebelum akhirnya disingkirkan Jepang dengan skor 1-3.

Jika melihat statistik pertemuan kedua pasangan ganda putra tersebut, nyatanya Kevin/Marcus cukup diunggulkan dan memiliki peluang kemenangan yang lebih besar.

Terlebih pasangan Kevin/Marcus sendiri merupakan unggulan nomor satu di ajang All England 2020. Sedangkan lawannya hanya favorit ketujuh di turnamen ini.

Kevin/Marcus juga lebih berpengalaman di ajang All England ini, di mana mereka berhasil meraih juara secara beruntun pada edisi 2017 dan 2018 lalu.

Sedangkan pasangan Lee Yang/Wang Chi-Lin belum memiliki pengalaman sekali di All England. Menurut situs resmi BWF, wakil Chinese Taipei itu belum pernah tampil di ajang ini.

Kendati demikian, bukan berarti Kevin/Marcus bisa memandang sebelah mata pasangan Lee Yang/ Wang Chi-Lin. Karena bukan ide yang baik meremehkan sang lawan di ajang sepenting ini.

Apalagi dalam debutnya di All England, Lee Yang/Wang Chi-Lin langsung memberikan kejutan dengan terus melangkah hingga ke babak semifinal. Ini tentunya bukan lawan mudah.

Lalu apakah Kevin/Marcus mampu melanjutkan tren positifnya saat berhadapan dengan Lee Yang/Wang Chi-Lin di semifinal All England 2020? Atau justru tumbang untuk pertama kalinya? Patut dinantikan.