Pasangan Ini Lebih Superior dari Kevin Sanjaya/Marcus Gideon di Turnamen India Open

Kamis, 26 Maret 2020 10:52 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Tidak hanya bagi pasangan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon saja, turnamen India Open juga menjadi panggung kedigjayaan duet Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Copyright: © INDOSPORT/Herry Ibrahim
Tidak hanya bagi pasangan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon saja, turnamen India Open juga menjadi panggung kedigjayaan duet Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

INDOSPORT.COM - Tidak hanya bagi pasangan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon saja, turnamen India Open juga menjadi panggung kedigjayaan duet ganda campuran fenomenal Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Ternyata, jauh sebelum keberhasilan Pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menjuarai kompetisi India Open tiga beruntun, eks duet Tontowi/Liliyana sudah melakukannya lebih dulu.

Jika pasangan Kevin/Marcus berhasil meraih gelar India Open tiga kali beruntun pada tahun 2016, 2017, dan 2018, maka pasangan Tontowi/Liliyana berhasil melakukannya 2011, 2012 dan 2013.

Gelar perdana India Open 2011 diraih pasangan Tontowi/Liliyana usai mengalahkan rekan senegara yakni pasangan AFran Kurniawan/Pia Zebadiah Bernadeth dalam pertandingan straight games dengan skor 21-18, 23-21.

Kemudian gelar kedua pasangan Tontowi/Liliyana di turnamen India Open 2012 juga kembali diraih setelah mengalahkan pasangan yang Thailand, Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam dalam pertandingan rubber game dengan skor 21–16, 12–21, 21–14.

Lalu gelar hattrick mereka datang di tahun 2013, setelah pasangan Tontowi/Liliyana berhasil meraih gelar India Open mengalahkan wakil Korea Selatan, Ko Sung-hyun/Kim Ha-na dalam pertandingan straight games dengan skor 21-16, 21-13.

Kini setelah kemenangan terakhir pasangan Tontowi/Liliyana belum ada ganda campuran Indonesia lagi yang mampu naik podium juara di India Open.

Tahun 2019 lalu, pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti berhasil masuk ke partai final, tetapi mereka dikalahkan oleh wakil China, yakni pasangan Wang Yilyu/Huang Dongping dalam pertandingan straight games dengan skor 13-21, 11-21.