5 Fakta Tersembunyi Kevin Sanjaya: Pernah Kecewa Main Ganda Putra

Jumat, 3 April 2020 18:28 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© VCG/VCG via Getty Images
5 Fakta Tersembunyi Kevin Sanjaya: Pernah Kecewa Main Ganda Putra Copyright: © VCG/VCG via Getty Images
5 Fakta Tersembunyi Kevin Sanjaya: Pernah Kecewa Main Ganda Putra

INDOSPORT.COM - Selain pernah kecewa ketika turun di nomor ganda, berikut lima fakta tersembunyi dari ganda putra terbaik Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Bersama Marcus Fernaldi Gideon, pebulutangkis berusia 24 tahun ini memang tengah menikmati masa kejayaan di dunia bulutangkis.

Selain menduduki peringkat satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo juga berhasil meraih beberapa gelar bergengsi di ajang BWF seperti China Open, Indonesia Open, hingga All England.

Bakat Kevin Sanjaya dalam olahraga bulutangkis sejatinya telah terlihat sejak ia belia, atau jauh sebelum berpasangan dengan Marcus Gideon.

Penampilan paling impresif Kevin Sanjaya di level junior terjadi kala dirinya meraih runner up World Junior Championship 2013, di nomor ganda campuran bersama pasangannya Masita Mahmudin.

Gemilangnya permainan Kevin Sanjaya tampaknya dipengaruhi oleh faktor lingkungan keluarga, sebab siapa sangka bahwa Kevin memiliki hubungan darah dengan mantan ganda putra peringkat satu dunia asal Indonesia, Alvent Yulianto.

"Saya masih ada ikatan keluarga sama Koh Alvent, tapi ya begitulah susah jelasinnya posisi sodaraan saya dengan koh Alvent seperti apa, yang pasti masih ada ikatan saudara," ucap Kevin dilansir laman Djarumbadminton.com.

Selain fakta hubungan keluarga Kevin Sanjaya dan Alvent Yulianto, masih ada beberapa fakta menarik tentang ganda putra kelahiran Banyuwangi ini. Berikut INDOSPORT coba merangkum dan menulisnya.

Kevin Si Anak Ajaib
Sejak terjun sebagai pebulutangkis profesional, Kevin Sanjaya pernah mendapat julukan anak ajaib lantaran mampu melepaskan pukulan hingga smash tak terduga kepada lawan-lawannya.

Bahkan pada ajang Denmark Open 2018 lalu, komentator pertandingan sampai memberikan pujian kepada Kevin yang berhasil melepaskan pukulan ajaib, yang sekaligus mengalahkan pasangan Hendra/Ahsan di babak semifinal.

"Cantik sekali. Inilah kevin Sukamuljo yang kita tahu. Dia bisa dengan benar-benar secara tiba-tiba melakukan shoot yang fantastis," ucap sang komentator saat memandu jalannya laga di set kedua.

Taklukkan Ganda Campuran Peringkat Satu Dunia
Sebelum konsisten sebagai ganda putra, Kevin Sanjaya layaknya para pebulutangkis lain sempat mencoba turun dan ditempatkan dalam berbagai nomor termasuk ganda campuran.

Saat menjadi ganda campuran, Kevin Sanjaya berpasangan dengan bersama Greysia Polii. Bahkan pasangan ganda campuran ini mampu mengalahkan ganda campuran peringkat satu dunia kala itu, Zhang Nan/Zhao Yunlei.

Dalam pertandingan babak pertama BCA Indonesia Open Superseries Premier tahun 2014 silam, Kevin Sanjaya/Greysia Polii berhasil menang dengan rubber game 15-21, 21-18, 23-22.

Namun sayang, kejutan Kevin/Greysia tak berlanjut di babak kedua, setelah kandas di tangan ganda Korea, Lee Yong-dae/Shin Seung-chan, 18-21, 17-21.

Sempat Enggan Main di Ganda Putra
Jauh sebelum memastikan diri sebagai ganda putra nomor satu dunia, siapa sangka bahwa Kevin Sanjaya pernah enggan bermain berpasangan.

Namun karena prestasinya di tunggal putra tidak kunjung membaik, akhirnya pada tahun 2010 lalu dengan berat hati ia menerima tawaran menjadi pebulutangkis spesialis ganda, dan pindah tempat pelatihan ke PB Djarum Petamburan, Jakarta Barat yang berfokus pada nomor ganda.

Keputusan yang dilakukan Kevin Sanjaya pada saat itu tampaknya berjalan manis, bersama Marcus Gideon dirinya berhasil menjadi ganda putra terbaik dunia.

Gemar Memancing
Selain bulutangkis, ternyata Kevin Sanjaya juga menyukai olahraga memancing dan kerap kali ia posting dalam laman media sosial pribadinya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kevin Sanjaya (@kevin_sanjaya) pada

Digemari Pebulutangkis Wanita
Berbekal prestasi mentereng, skill mumpuni dan juga wajah rupawan, tidak sulit bagi Kevin Sanjaya menarik simpati lawan jenis bahkan sesama atlet bulutangkis.

Salah satu pebulutangkis wanita dunia yang kesemsem dengan Kevin adalah atlet putri muda China, Wang Xinyuan. Beredar kabar, pada saat Perhelatan kejuaraan Asia 2013, banyak yang ingin berfoto bareng dengan Kevin termasuk Wang Xinyuan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
50%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
50%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%