In-depth

Kisah Ellen Angelina, Tunggal Putri Tanah Air Terakhir yang Bisa Juara Indonesia Open

Kamis, 9 April 2020 16:53 WIB
Editor: Coro Mountana
© PB Djarum
Ellen Angelina, tunggal putri indonesia terakhir yang bisa juara Indonesia open. Copyright: © PB Djarum
Ellen Angelina, tunggal putri indonesia terakhir yang bisa juara Indonesia open.

INDOSPORT.COM – Ellen Angelina, merupakan tunggal putri tanah air terakhir yang bisa menjadi juara Indonesia Open, berikut kisahnya.

Indonesia Open merupakan salah satu ajang bulutangkis bergengsi yang tentunya membuat para pebulutangkis tanah air mempunyai Hasrat untuk memenangi kompetisi itu. Namun di sektor tunggal putri, ternyata sudah sangat lama Indonesia meraih gelar juara.

Praktis sudah 19 tahun atau sejak 2001, tanah air kita puasa gelar di tunggal putri Indonesia Open. Terakhir kali adalah Ellen Angelina yang berhasil menjadi srikandi tanah air yang memenangi Indonesia Open.

Tunggal putri kelahiran Salatiga itu memang sebelumnya sudah menjadi andalan Indonesia untuk meraih gelar bergengsi seperti SEA Games 1999 dan finalis Uber Cup 1998. Lantas seperti apa kisah heroic Ellen Angelina saat menjadi tunggal putri tanah air terakhir yang juara Indonesia Open?

Indonesia Open 2001 Jadi Momen Tak Terlupakann Ellen Angelina

Bisa dikatakan Indonesia Ope 2001 menjadi salah satu titik puncak karier Ellen Angelina. Bagaimana tidak, soalnya gelar Indonesia Open menjadi salah satu pencapaian tertinggi dalam karier Ellen Angelina.

Meski begitu, namanya akan tetap terpatri sebagai pemegang gelar juara Indonesia Open terakhir untuk tunggal putri tanah air. Apalagi gelar Indonesia Open 2001 sejatinya tidak diraih dengan mudah.

© PB Djarum
Mantan pebulutangkis Indonesia, Ellen Angelina Copyright: PB DjarumMantan pebulutangkis Indonesia, Ellen Angelina

Di babak 8 besar saja, Ellen Angelina sudah dihadang oleh andalan Jepang bernama Maiko Naka. Beruntung Ellen Angelina yang mendapatkan dukungan dari ribuan pasang mata penonton di Senayan berhasil memperlihatkan salah satu peforma terbaik.

Ellen Angelina berhasil meraih kemenangan telak, 7-1, 7-2, 7-1 sehingga berhak lolos semifinal. Di babak semifinal pun, Ellen Angelina harus baku hantam dalam duel bertajuk perang saudara melawan Lidya Djaelawijaya.

Meski harus menghadapi sesama rekan Indonesia, Ellen Angelina ternyata tetap tampil galak dengan menang 7-4, 7-3 dan 8-6. Akhirya, Ellen Angelina pun tampil di final yang sudah ditunggu oleh Wang Chen, andalan China.

Dari semua lawan Ellen Angelina yang dihadapi di Indonesia Open, mungkin Wang Chen menjadi yang paling sulit. Bagaimana tidak, Ellen Angelina harus dipaksa memainkan set keempat karena Wang Chen sempat unggul di set 3.

Meski begitu, Ellen Angelina tetap menang 7-5, 7-3, 5-7, 7-4 sehingga berhak menjadi juara Indonesia Open 2001. Sejak kemenangan itu, belum ada lagi penerus Ellen Angelina yang bisa menang di tunggal putri Indonesia Open.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%