Ketika Pebulutangkis Hong Kong Berdarah Jawa Tak Berdaya di Awal 2020

Kamis, 16 April 2020 09:01 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Shi Tang/Getty Images
Pebulutangkis Hong Kong berdarah Jawa Wong Wing Ki Vincent nyatanya tak berdaya ketika memulai perjalanannya di awal 2020 ini. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Pebulutangkis Hong Kong berdarah Jawa Wong Wing Ki Vincent nyatanya tak berdaya ketika memulai perjalanannya di awal 2020 ini.

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis Hong Kong berdarah Jawa Wong Wing Ki Vincent nyatanya tak berdaya ketika memulai perjalanannya di awal 2020 ini.

Sekedar mengingatkan kembali, Wong Wing Ki Vincent diketahui memiliki darah Indonesia dari kedua orang tuanya, yang merupakan warga etnis Tionghoa-Jawa.

Sang ayah lahir di Sumedang (Jawa Tengah) dan ibunda berasal dari Surabaya (Jawa Timur). Bahkan dirinya cukup akrab dengan makanan khas Indonesia.

Wong Wing Ki Vincent juga selalu menyebut Indonesia sebagai rumah keduanya. Bersama keluarganya, ia juga sering kali mengunjungi kampung halaman, yakni Sumedang.

Situasi ini nyatanya serupa denga pebulutangkis Hong Kong lainnya, yakni Ng Ka Long Angus. Ya, sang pemain juga memiliki darah Indonesia dari sang ibu.

Namun sayangnya, persamaan itu tidak berlanjut ketika berbicara soal penampilan di awal 2020 ini. Karena Wong Wing Ki Vincent justru tak bisa berbicara banyak di tahun ini.

Sekedar informasi, Ng Ka Long Angus berhasil mempersembahkan gelar pada awal 2020 ini. Itu terjadi ketika dirinya bertarung di ajang Thailand Masters 2020.

Pebulutangkis berusia 25 tahun tersebut sudah tampil sangat meyakinkan setelah menyingkirkan legenda China Lin Dan di babak 32 besar (21/18 dan 21-9).

Ng Ka Long Angus juga berhasil menyingkirkan dua wakil China lainnya, yakni Li Shi Feng (21-15, 23-21) dan Shi Yu Qi (21-18, 21-19). Hasil itu membuat ia berhak melangkah ke partai puncak.

© Robertus Pudyanto/Getty Images
Pebulutangkis Hong Kong keturunan Indonesia Vincent Wong Wing Ki. Copyright: Robertus Pudyanto/Getty ImagesPebulutangkis Hong Kong keturunan Indonesia Vincent Wong Wing Ki saat beraksi di atas lapangan.

Menghadapi Kenta Nishimoto di final Thailand Masters 2020, Ng Ka Long Angus mampu memenangkan pertandingan dengan skor 16-21, 21-13, 21-12.

Sedangkan Wong Wing Ki Vincent belum bisa melangkah jauh di setiap ajang yang ia lakoni di awal 2020 ini. Ia bahkan selalu gugur di babak kualifikasi dalam dua ajang berbeda.

Menurut laporan situs resmi BWF, Wong Wing Ki Vincent hanya memainkan dua ajang saja pada tahun ini. Dua turnamen itu adalah Malaysia Masters dan Indonesia Masters.

Penampilan kurang meyakinkan Wong Wing Ki Vincent dimulai dari ajang Malaysia Master 2020, di mana ia langsung tersingkir di putaran kualifikasi saat bertemu wakil tuan rumah.

Pebulutangkis berpostur tinggi 180 cm tersebut dipaksa menyerah ketika berhadapan dengan Soong Joo Ven. Kala itu dirinya takluk 8-21, 21-17, 15-21.

Berlanjut ke ajang Indonesia Masters 2020, Wong Wing Ki Vincent juga tak diberi kesempatan untuk melangkah jauh. Ia kalah di putaran 16 besar babak kualifikasi oleh wakil Prancis.

Brice Leverdez menjadi pebulutangksi Eropa yang berhasil menyingkirkan Wong Wing Ki Vincent dengan hasil meyakinkan 21-5, 21-18.

Kekalahan dalam dua ajang ini nyatanya menjadi hasil yang cukup memprihatinkan bagi Wong Wing Ki Vincent. Mengingat ia selalu menelan kekalahan telak di set pertama dalam dua laga beruntun.

Pebulutangkis yang sudah berusia 30 tahun tersebut bahkan tidak mampu menyentuh angka 10 di set pertama dalam dua pertandingan beruntun. Hasil ini membuatnya tak berdaya di awal 2020.