Liga Indonesia

Punya Darah Indonesia, 4 Pebulutangkis Ini Jadi Andalan Negara Lain

Selasa, 14 April 2020 16:11 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Power Sport Images/Getty Images
Berikut ini ada deretan pebulutangkis berdarah Indonesia yang diprediksi siap mengancam Tanah Air usai menjadi andalan negara lain. Copyright: © Power Sport Images/Getty Images
Berikut ini ada deretan pebulutangkis berdarah Indonesia yang diprediksi siap mengancam Tanah Air usai menjadi andalan negara lain.

INDOSPORT.COM - Berikut ini ada deretan pebulutangkis Indonesia yang diprediksi siap mengancam Tanah Air usai menjadi andalan negara lain.

Dunia bulutangkis Indonesia selalu menghadirkan atlet berkualitas di pentas dunia. Sebab mereka mampu meneruskan prestasi generasi terdahulu.

Tak hanya itu beberapa di antaranya saat ini tengah menduduki peringkat pertama seperti ganda putra Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.

Di nomor tungga putra ada Anthony Sinisuka Ginting dan Jonathan Christie yang masih bersaing di papan atas dalam daftar ranking BWF.

Ganda campuran, ganda putri, dan tunggal putri juga tak bisa dianggap remeh oleh para lawan dari negara lain di kompetisi internasional.

Meski demikian ada sebagian pebulutangkis yang kurang mantap ketika tampil untuk Indonesia dan akhirnya menyebrang ke negara lain.

Tak hanya itu ada pula pebulutangkis dunia yang memiliki darah Indonesia. Akan tetapi mereka lebih memilih membela negara tempatnya lahir.

Beberapa diantaranya bahkan masih aktif bermain saat ini. Hal tersebut kemungkinan bisa menjadi ancaman bagi pebulutangkis Indonesia.

Lantas siapa saja pebulutangkis yang jadi andalan negara asing berdarah Indonesia yang diprediksi bisa jadi ancaman atlet Tanah Air?

1. Ng Ka Long Angus (Hong Kong)

© bwfbadminton.com
Ng Ka Long Angus, pebulu tangkis Hong Kong keturunan Indonesia Copyright: bwfbadminton.comNg Ka Long Angus, pebulu tangkis Hong Kong keturunan Indonesia

Tunggal putra Ng Ka Long Angus merupakan pebulutangkis andalan Hong Kong yang juga berdarah Indonesia. Garis tersebut didapat dari sang nenek.

Pasalnya ibunya sang ibu lahir di Surabaya. Ng Ka Long Angus juga mengakui kalau banyak sekali saudara yang tinggal di Jawa Timur.

Bahkan Ng Ka Long Angus sempat tampil di Indonesia Masters 2019 lalu. Dalam beberapa kesempatan, tunggal putra Hong Kong itu kerap bersua wakil Indonesia.

Saat ini Ng Ka Long Angus menempati posisi delama dunia di bawah Jonathan Christie (tujuh) dan Anthony Sinisuka Ginting (enam).

2. Setyana Mapasa (Australia)

© Matt Roberts/Getty Images
Pebulutangkis Australia kelahiran Indonesia Setyana Mapasa. Copyright: Matt Roberts/Getty ImagesPebulutangkis Australia kelahiran Indonesia Setyana Mapasa.

Berikutnya ada ganda putri Setyana Daniella Florensia Mapasa yang lahir di Manado, Sulawesi Utara, Indonesia 25 tahun silam.

Setyana sempat masuk ke Pelatnas PBSI saat masih junior. Namun pas memasuki level senior, Setyana dinaturalisasi oleh Australia.

Bahkan pada ajang Indonesia Open 2019 lalu, Setyana bersama rekannya Gronya Somerville ikut bertanding meski kandas di babak-babak awal.

Saat in Setyana/Gronya menduduki posisi 26 dunia BWF. Urutannya itu masih di bawah Greysia/Apriyani (delapan) dan Della/Amelia (19).

3. Alyssa Tirtosentono (Belanda)

© Robertus Pudyanto/Getty Images
Pebulutangkis Belanda keturunan Indonesia Alyssa Tirtosentono (kiri). Copyright: Robertus Pudyanto/Getty ImagesPebulutangkis Belanda keturunan Indonesia Alyssa Tirtosentono (kiri).

Kemudian ada pebulutangkis asal Belanda Alyssa Tirtosentono yang juga diketahui memiliki darah Indonesia dan diprediksi bisa menjadi ancaman Tanah Air.

Alyssa mendapatkan garis keturunan Indonesia dari sang kakek dan nenek yang kelahiran Jawa namun telah menetap lama di Belanda.

"Kakek dan nenek saya orang Jawa. Tetapi saya tidak bisa berbahasa Indonesia," ujar Alyssa malu-malu seperti dikutip situs PSBI, Oktober 2017.

Pebulutangkis 19 tahun itu pun bercita-cita bisa menang di Olimpiade mendatang. Alyssa sendiri kerap turun di nomor ganda putri dan campuran.

4. Vincent Wong Wing Ki (Hong Kong)

© Robertus Pudyanto/Getty Images
Pebulutangkis Hong Kong keturunan Indonesia Vincent Wong Wing Ki. Copyright: Robertus Pudyanto/Getty ImagesPebulutangkis Hong Kong keturunan Indonesia Vincent Wong Wing Ki.

Terakhir ada pebulutangkis kelahiran Hong Kong Vincent Wong Wing Ki yang diketahui memiliki darah keturunan Indonesia dari kedua orang tuanya.

Sang ayah lahir di Sumedang (Jawa Barat) dan ibunda berasal dari Surabaya (Jawa Timur). Bahkan dirinya cukup akrab dengan makanan khas Indonesia.

Dalam beberapa pertemuan di kompetisi internasional, Vincent kerap melawan pebulutangkis Indonesia dengan hasil yang beragam.

Saat ini Vincent menduduki peringkat 40 BWF. Posisinya itu bahkan jauh dari Tommy Sugiarto (26), Shesar Hiren (18), Jonathan Christie (7), dan Anthony Ginting (6).