Rekor 11 Tahun Milik Markis Kido/Hendra Setiawan yang Tetap Abadi

Selasa, 21 April 2020 07:57 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Coro Mountana
© Lars Baron/Getty Images
Tidak jadi bergulirnya Badminton Asia Championships 2020 membuat rekor Hendra Setiawan/Markis Kido selama 11 tahun dipastikan bakal batal dipecahkan. Copyright: © Lars Baron/Getty Images
Tidak jadi bergulirnya Badminton Asia Championships 2020 membuat rekor Hendra Setiawan/Markis Kido selama 11 tahun dipastikan bakal batal dipecahkan.

INDOSPORT.COM - Batalnya ajang Badminton Asia Championships (BAC) 2020 membuat rekor Markis Kido/Hendra Setiawan selama 11 tahun dipastikan bakal batal dipecahkan

Kompetisi Badminton Asia Championships 2020 awalnya akan dijadikan tempat pertempuran terakhir bagi pebulutangkis untuk meraih tiket ke Olimpiade Tokyo 2020.

Namun akibat adanya wabah virus Corona, Kejuaraan Badminton Asia Championships 2020 batal diselenggarakan dan itu artinya salah satu tugas besar di sektor ganda putra Indonesia untuk segera memecahkan rekor milik Kido/Hendra dipastikan batal.

Sejatinya tahun 2019 lalu, pasangan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon berpeluang untuk mengakhiri puasa gelar sektor ganda putra di gelaran Badminton Asia Championships.

Namun pasangan berjuluk The Minions tersebut kalah secara tragis dari wakil Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dalam pertandingan straight games dengan skor 3-21, 18-21 di babak final Badminton Asia Championships 2019.

Akibatnya sektor ganda putra Indonesia harus menunggu lebih lama lagi untuk memecahkan rekor pasangan Kido/Hendra yang terakhir kali naik podium pada tahun 2009.

Setelah tahun 2009, podium tertinggi Badminton Asia Championships selalu dikuasai oleh wakil China, Korea Selatan dan yang terakhir adalah wakil Jepang. Tapi dengan batalnya BAC 2020, maka rekor yang sudah berjalan 11 tahun milik Kido/Hendra sebagai ganda putra terakhir naik podium gagal terpecahkan.