Kisah Pahit Pemain Belanda Berdarah Medan yang Tak Pernah Menang

Rabu, 22 April 2020 09:09 WIB
Editor: Rafif Rahedian
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Pemain atau pebulutangkis Belanda berdarah Medan Andrie Ochtman nyatanya memiliki kisah memilukan, di mana ia tak pernah menorehkan kemenangan.

Andrie Ochtman merupakan salah satu atlet bulutangkis Belanda keturunan Indonesia yang memulai karier profesionalnya pada usia 23 tahun.

Meski mewakili Belanda, namun ia nyatanya memiliki darah Indonesia yang mengalir dalam tubuhnya. Darah itu berasal dari kedua orang tuanya.

Garis keturunan Indonesia yang dimiliki oleh Andrie Ochtman berasal dari ayahnya yang keturunan Medan, dan sang ibu dari Surabaya.

Andrie Ochtman sendiri pernah mendapatkan sorotan dari berbagai pihak dan pernah disebut gila oleh beberapa kalangan. Karena ia memutuskan menyewa pelatih pribadi.

Dilansir dari Grid, keputusannya menjadi atlet profesional tersebut, membuat Andrie Ohctman dikabarkan menghabiskan seluruh uangnya untuk menyewa pelatih pribadi.

Akibatnya, orang-orang pun menyebut kalau apa yang dilakukannya adalah hal gila. Tetapi Andrie Ochtman memilih mengabaikannya dan terus maju ke depan.

Meski sudah membayar pelatih pribadi, namun Andrie Ochtman masih belum bisa berbicara banyak di dunia tepok bulu. Mengingat, ia belum pernah meraih kemenangan satupun.

Hal itu terlihat jelas dalam laman resmi BWF, di mana Andrie Ochtman selalu menelan kekalahan dari lawan-lawannya. Terhitung, ia hanya memainkan lima laga resmi dalam kariernya.

Beberapa turnamen itu antara lain adalah Hungarian International 2015, Dutch International Series 2015, Singapura International Series 2014, hingga Dutch Open 2014 dan 2015.

Kekalahan perdana Andrie Ochtman terjadi saat di babak kualifikasi Singapore International Series 2015, di mana ia berhadapan dengan wakil Malaysia, Qi Cong, Scott Tsang.

Andrie Ochtman langsung tumbang di putaran pertama atau babak 32 besar kualifikasi Singapore International Series 2015 dengan skor 13-21, 14-21.

Beberapa bulan kemudian, Andrie Ochtman kembali tersingkir di putaran pertama babak kualifikasi Dutch Open 2014 saat menghadapi sesama wakil Belanda, Jery Natenstedt.

Penampilan Andrie Ochtman sendiri terbilan cukup buruk di laga tersebut. Mengingat ia tak mampu meraih angka lebih dari lima setelah tumbang dengan skor 3-11, 4-11, 2-11.

Ia mendapatkan keberuntungan usai dipastikan lolos dari putaran pertama kualifikasi Ducth International 2015. Karena saat itu ia dinyatakan menang WO (walkover) dari wakil Jerman Richard Domke.

Namun ketika tampil di putaran kedua babak kualifikasi Dutch International 2015, Andrie Ochtman harus tumbang dari pebulutangkis Belgia, Stijn De Langhe (11-21, 10-21).

Dirinya juga kembali tak bisa berbuat banyak di babak kualifikasi Dutch Open 2015. Ia kembali tumbang dari tunggal putra Jerman Daniel Benz (12-21, 21-16, 13-21).

Terakhir, Andrie Ochtman kembali dipermalukan saat tampil di babak kualifikasi Hungarian International 2015. Ia tumbang 8-21, 19-21 dari David Kim (Denmark).

Ini menjadi ajang terakhir bagi Andrie Ochtman dalam karier bulutangkis profesionalnya. Menurut situr resmi BWF, dirinya belum pernah tampil lagi hingga 2020 ini.