Termasuk Ahsan, Ini 5 Pebulutangkis yang Hijrah Memperdalam Agama

Jumat, 24 April 2020 20:08 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© badmintonindonesia.org
Pasangan Ganda Putra Indonesia, Fajar Alfian/Mohammad Ahsan. Copyright: © badmintonindonesia.org
Pasangan Ganda Putra Indonesia, Fajar Alfian/Mohammad Ahsan.
INDOSPORT.COMMohammad Ahsan menjadi salah satu pebulutangkis Indonesia yang hijrah mendekatkan diri ke Agama dan Allah SWT.

Mendekatkan diri kepada agama dan Tuhan jelas sesuatu yang wajib bagi semua umat yang percaya akan kebesarannya. Tak memandang status, latar belakang, apalagi jenis kelamin seseorang.

Berkaca pada hal tersebut, tak mengherankan kemudian jika pada akhirnya banyak orang yang mengambil jalan untuk memenuhi kewajibannya tersebut, seraya mendekatkan diri kepada agama atau yang kerap disebut sebagai hijrah.

Hijrah atau yang bisa dimaknai sebagai meninggalkan sesuatu yang buruk ke tempat yang lebih baik, belakangan mudah ditemui di masyarakat, hal itupun merebak hingga ke kalangan atlet bulutangkis Indonesia.

Tak sedikit diantara atlet-atlet berprestasi yang kesehariannya banyak dihabiskan di atas lapangan, mulai lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Allah SWT, dengan memilih berhijrah.

Siapa saja mereka? Berikut INDOSPORT merangkumkan beberapa di antaranya.

Adriyanti Firdasari

Tunggal putri Indonesia yang pension di tahun 2015, Adryanti Firdasari menjadi salah satu pebulutangkis yang kini mantap memilih hijrah dan mendekatkan diri dengan Allah SWT.

Tak diketahui jelas sejak kapan pebulutangkis yang pensiun di tahun 2015 itu mantap memutuskan berhijrah, namun yang pasti, setelah melepas masa lajangnya di sekitar akhir 2016 lalu, Firdasari hingga kini mulai menutup auratnya dengan mekai hijab.

Bukan hanya itu, ditengah masa pensiunnya, Firdasari yang telah berhijrah kini juga mewarnai aktivitasnya dengan membuka bisnis pakaian muslim.

Dinar Dyah Ayustine       

Pada medio 2018, pebulutangkis tunggal putri Dinar Dyah Ayustine mengejutkan dengan kehadirannya ke acara kerja sama antara kontingen Indonesia dan produsen perlengkapan olahraga Li-Ning, di Jakarta, Senin (28/05/18) dengan mengenakan hijab.

Bersama beberapa rekan lainnya yang juga mengenakan hijab, Dinar kemudian mengakui bahwa sudah sejak awal tahun 2018 dirinya mulai belajar semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT, yang diwujudkan dengan salah satunya mulai memakai hijab dalam keseharian.

Saat itu sendiri, Dinar Dyah Ayustine mengaku memang belum sepenuhnya menggunakan hijab, seperti misalnya dalam pertandingan kala itu, dirinya masih lebih memilih untuk melepas hijabnya, demi menghindari pandangan negatif beberapa pihak.

Mohammad Ahsan

Salah satu ganda putra terbaik Indonesia, Mohammad Ahsan juga menjadi salah satu di antara pebulutangkis yang mantap berhijrah.

Hijrahnya Mohammad Ahsan, menjadi perhatian ketika dirinya tampil di Kejuaraan Dunia BWF 2017 silam di Glasgow, Skotlandia.

Saat itu Ahsan terlihat tampil menutup aurat dengan menggunakan legging, minum dengan sedikit berjongkok/duduk (seperti sunah Rosul), serta tak berjabtan tangan dnegan wasit wanita (bukan muhrim).

Dengan apa yang ditunjukannya itu, terlihat jelas memang Ahsan mulai lebih mendekatkan dirinya dengan Agama atau berhijrah. Sebuah keputusan yang kemudian memang diakuinya, telah mantap dipilih saat ibadah Umrah di tahun 2016.

Rian Agung Saputro

Seakan mengikuti seniornya, ganda putra yang sempat berpasangan dengan Mohammad Ahsan di tahun 2017, Rian Agung Saputro juga mengambil langkah yang sama untuk berhijrah.

Langkah tersebut, terlihat dai cara berpakaian Rian Agung Saputro di pertandingan, yang juga sejak tahun 2017 mulai mengenakan legging.

Cara minum yang sambil berjongkok, tak bersalaman dengan wasit wanita, serta selalu bersujud syukur usai pertandingan juga menunjukan jelas bahwa Rian Agung Saputro mulai mengambil jalan hijrah.

Apa yang dilakukan Rian Agung Saputro saat itu, bahkan membuat kebersamaannya dengan Mohammad Ahsan sebagai duet ganda putra, mendapatkan julukan sebagai duet syar’i.

Maria Febe

Pebulutangkis putri Indonesia Maria Febe juga menjadi salah satu sosok yang melakukan hijrah di tahun 2017.

Bahkan langkah hijrah yang diambil Maria Febe terhitung lebih berani di banding rekan-rekannya yang lain. Sebab bukan hanya sekadar lebih mendekatkan kepada Tuhan, Langkah Maria Febe itu dilakukannya dengan juga meninggalkan kepercayaan yang dianutnya sebelumnya.

Pada tahun 2017 itu, Maria Febe resmi memeluk agama Islam dengan mengucap kalimat syahadat melalui video teleconference dari Ontario, Kanada dibimbing oleh Ustaz Baihaqi Arief.

Setelah hijrah, pebulutangkis yang pensiun pada tahun 2016 itu diketahui juga mengubah namanya menjadi Aisyah Febe dan kini juga telah memakai hijab.

2