31.7K

Termasuk Khabib Nurmagomedov, Inilah Deretan Petarung UFC yang Beragama Islam

Jumat, 24 April 2020 17:38 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Getty Images
Berikut 5 daftar petarung UFC yang beragam Islam, salah satunya ialah Khabib Nurmagomedov. Copyright: © Getty Images
Berikut 5 daftar petarung UFC yang beragam Islam, salah satunya ialah Khabib Nurmagomedov.

INDOSPORT.COM – Kompetisi Ultimate Fighting Championship (UFC) merupakan ajang pertarungan seni bela diri paling bergengsi yang diikuti oleh banyak petarung hampir dari seluruh dunia.

Petarung yang memiliki berbagai latar belakang kehidupan pun selalu diterima di turnamen ini, asalkan memiliki kemampuan yang memumpuni untuk bersaing dengan rival Mixed Martial Arts (MMA) kelas dunia lainnya.

Termasuk sejumlah petarung muslim yang terbilang sukses di kompetisi UFC, namun yang paling dikenal ialah jawara asal Rusia, Khabib Nurmagomedov.

Namun, Khabib bukanlah satu-satunya petarung muslim yang tampil di kompetisi tersebut. Untuk lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT sajikan deretan petarung MMA yang beragama muslim:

  • Kamaru Usman

Petarung asal Nigeria yang memiliki nama lengkap Kamarudeen Usman ini merupakan salah satu petarung kelas welterweight yang cukup mematikan, yakni memiliki catatan 15-1-0.

Ia telah mengenal bela diri sejak masih Sekolah Menengah Atas yakni dengan bermain gulat. Usman merupakan anak seorang tentara Nigeria yang telah menyabet gelar di sejumlah pertarungan amatir.

Usman kemudian memulai debutnya sebagai petarung MMA profesional pada tahun 2012, dan menjalani debutnya di ajang UFC pada 2015 silam.

Menurut catatan terakhirnya, Kamaru Usman merupajan juara UFC Welterweight Champion. Usman juga merupakan juara turnamen The Ultimate Fighter 21.

  • Belal Muhammad

Belal Muhammad merupakan petarung muslim asal Chicago, Amerika Serikat yang memiliki rekor kemenangan yang cukup impresif yakni 16-3-0.

Ia memulai kariernya sebagai petarung MMA sejak tujuh tahun silam atau tahun 2013 lantaran dirinya sangat menyukai tantangan dan gemar mengikuti sejumlah kompetisi.

Belal juga sempat mengenyam pendidikan jurusan hukum di University of Illinois dan pernah menjadi pemilik toko ponsel sebelum akhirnya memutuskan untuk fokus menjadi seorang petarung.

Petarung kelas welterweight itu menjalani debutnya di UFC pada 2016 dan sejak itu meraih tujuh kemenangan dari 10 pertandingan yang dilakoninya. Ia merupakan mantan peraih gelar Titan FC Welterweight Championship.

  • Islam Makhachev

Islam Ramazanovich Makhachev merupakan petarung asal Dagestan dan salah satu rekan karib Khabib Nurmagomedov. Kiprahnya sebagai petarung MMA pun tak boleh diragukan, karena hingga saat ini ia memiliki rekor kemenangan 18-1-0.

Ia telah mengenal dunia tarung sejak berusia 10 tahun, dan awalnya berlatih hanya sebagai cara untuk membela diri serta menjadi lebih kuat. Namun, nyatanya ia malah jatuh cinta dengan dunia tarung dan menggelutinya hingga menjadi seorang petarung profesional.

Melansir dari laman UFC, Islam Makhachev merupakan seorang petarung kelas lightweight yang mengeyam pendidikan fakultas olahraga di universitas Dagestan itu merupakan mantan juara bertahan di kejuaraan Sambo Dunia dan Rusia.

  • Mairbek Taisumov

Mairbek Taisumov juga merupakan petarung MMA asal Rusia yang bertarung di kelas Lightweight bersama Khabib dan Islam Makhachev yang memiliki catatan rekor 27-5-0.

Sebelum menjadi petarung seni bela diri, ia sempat meniti karier sebagai pemain sepak bola. namun lambat laun ia lebih menyukai dunia tarung, hingga akhirnya memutuskan untuk mengabdikan kariernya di cabang olahraga keras tersebut. Ia mulai debut MMA profesionalnya pada 2007 silam.

Maibek Taisumov merupakan mantan juara M-1 Champion Western Europe. Ia merupakan petarung yang mahir dalam disiplin Gulat, Braslian Jiu-Jitsu dan Tinju. Selain itu dirinya mahir dalam menggunakan jurus kuncian mematikan yakni teknik kimura.

  • Khabib Nurmagomedov

Khabib Nurmagomedov merupakan petarung muslim yang paling sukses di ajang MMA. Bagaimana tidak? Pria asal Dagestan, Rusia itu memiliki catatan rekor tak terkalahkan yakni 27-0-0.

Ia telah mengenal dunia tarung sejak berusia 8 tahun lantaran mendapatkan ilmu serta pengawasan langsung dari sang ayah, Abdulmanap Nurmagomedov yang juga merupakan mantan atlet seni bela diri dan mantan anggota militer Angkatan Darat.

Ia kemudian mendapatkan pelatihan sebagai petarung cilik saat berusia 12 tahun dengan fokus di disiplin gulat dan disiplin judo pada usia 15 tahun. Khabib kemudian menghabiskan masa remajanya dengan dunia sambo.

Pada tahun 2008 silam, dirinya memutuskan untuk mulai berkompetisi di ajang MMA, dan bergabung di UFC pada 2011 dan sejak itu ia terus mencatatkan rekor dan tak terkalahkan hingga saat ini.

Khabib Nurmagomedov juga merupakan petarung yang cerdas, terbukti ia mampu meraih predikat lulusan terbaik di Akademi Finansial di Dagestan. Salah satu prestasi terbaiknya ialah menjadi juara dunia dua kali di kejuaraan Sambo Dunia dan Rusia, serta menjadi peraih titel juara divisi Lightweight UFC.