Backhand Smash 'Warisan' Taufik Hidayat yang Bikin Kento Momota Melongo

Selasa, 28 April 2020 16:06 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia, belum lama ini menghebohkan bulutangkis dunia dengan aksi backhand smash-nya kala menghadapi Kento Momota. 

Aksi mengejutkan itu dilakukan pada pertandingan perempatfinal Korea Open 2019 bulan Oktober lalu kala dirinya berhadapan dalam pertarungan dua set dengan tunggal putra nomor satu dunia, Kento Momota. Dirinya mengunggah video tersebut ke instagram yang ditonton sebanyak 90 ribu kali. 

Pada laga sengit itu Lee Zii Jia mempertontonkan aksi kelas dunia ketika mengeluarkan jurus backhand smash sebanyak dua kali. 

Aksi pertama dilakukan Lee Zii Jia pada set kedua ketika kedudukan skor 13-13. Menyambut bola lambung dari Momota, penerus Lee Chong Wei itu secepat kilat langsung menyambar kok dengan backhand smash

Momota yang terkejut dengan pengembalian Lee Zi Jia terlihat melongo terheran-heran. Momota jelas tak mengira Lee Zi Jia akan mengembalikan bola tersebut dengan smash. 

Tak cuma sekali, aksi itu dipertontonkan kembali oleh Lee Zi Jia pada saat kedudukan 20-18. Sebuah backhand smash tajam jarak jauh menelusur ke pojok kiri bidang permainan Momota. 

Sayang, meski tampil spartan, Lee Zi Jia tetap harus mengakui keunggulan Kento Momota dengan kekalahan dua set 15-21,19-21, 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

That "taufik" backhand I always used to say in training since I was a kid, finally I did it😂😂

A post shared by Lee Zii Jia 李梓嘉 (@leeziijia) on

Warisan Taufik Hidayat

Lee Ji Zia secara terbuka mengakui gerakan akrobatik yang dilakukannya itu terinspirasi dari legenda bulutangkis Indonesia, Taufik Hidayat. Hal itu diketahui dari caption dalam unggahannya. 

"That "taufik" backhand I always used to say in training since I was a kid, finally I did it," 

"Bakchand smash ala Taufik yang dulu biasa dilatih sejak kecil. Akhirnya bisa saya terapkan,"

Taufik Hidayat sendiri memang jadi pebulutangkis yang mengenalkan gerakan ini di dunia bulutangkis profesional. Backhand smash seakan sudah menjadi trademark Taufik Hidayat di dunia bulutangkis. 

Wajar memang, karena bukan hanya sekali, melainkan berkali-kali Taufik Hidayat mempertontonkan aksi ini. Berulangkali pula ia meraih kemenangan dibantu poin dari backhand smash

Taufik Hidayat sendiri bukannya tidak menyadari aksi Lee Zi Jia. Dalam sebuah wawancara yang dikutip dari The Star, Taufik mengaku merasa terhormat atas pengakuan Lee Zi Jia. 

Menurut Taufik, tak mudah bagi pemain untuk mempraktikan cara itu tanpa latihan keras terlebih dahulu. "Tapi itu tidak mudah untuk dilakukan. Butuh banyak latihan untuk memperbaikinya. Saya merasa sangat tersanjung mengetahui bahwa saya yang menginspirasinya (dalam melakukan backhand smash)." ujar Taufik.