Ramadan Tahun Ini, Pebulutangkis Muda Pelatnas Ingin Puasa Full

Selasa, 28 April 2020 19:19 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© PBSI
Pebulutangkis muda, Syabda Perkasa Belawa, ingin berpuasa satu bulan penuh pada Ramadan tahun ini. Copyright: © PBSI
Pebulutangkis muda, Syabda Perkasa Belawa, ingin berpuasa satu bulan penuh pada Ramadan tahun ini.

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis muda Pelatnas PBSI, Syabda Perkasa Belawa, memanfaatkan momen Ramadan tahun ini berpuasa selama sebulan full.

Hal ini lantaran latihan di Pelatnas tidak terlalu intensif dan banyaknya kejuaraan yang ditunda BWF akibat pandemi virus corona yang menyerang dunia.

Biasanya, para pebulutangkis muslim Tanah Air mempunyai tantangan yang cukup berat setiap bulan Ramadan. Mereka dituntut untuk tetap berlatih seperti biasa sambil menahan rasa lapar dan haus karena berpuasa.

Tak jarang, sebagian besar dari mereka yang menjalankan ibadah puasa itu pun mengaku tidak satu bulan penuh puasanya. Seperti salah satu atlet Pelatnas PBSI Cipayung asuhan PB Djarum Kudus, Syabda Perkasa Belawa.

"Tahun-tahun lalu saya tidak satu bulan penuh puasanya karena nggak kuat harus sambil latihan," ucap Syabda sambil tertawa malu ketika dihubungi tim Pbdjarum.org.

Namun berbeda pada bulan Ramadan kali ini. Para atlet tidak dituntut berlatih terlalu keras seperti biasanya, karena sedang berada dalam kondisi pandemi corona. Termasuk Syabda, ia berharap bulan Ramadan tahun ini bisa berpuasa penuh.

"Harapannya Ramadan tahun ini puasanya bisa penuh karena lagi pandemi juga, jadi latihannya disesuaikan nggak kayak tahun sebelumnya. Selain itu pelatih juga nganjurin puasanya full buat yg muslim untuk tahun ini," tambah Syabda.

Pebulutangkis muda ini juga menyampaikan tips agar kuat dalam menjalankan ibadah puasa saat bulan Ramadan. Menurutnya, selain niat yang kuat, kita harus mengonsumsi makanan yang bergizi saat sahur dan buka.

Penulis: Hafiz Rizky Pratama