Perjalanan Maria Febe Temukan Islam hingga Mantap Perdalam Agama

Rabu, 29 April 2020 12:51 WIB
Penulis: Arif Yahya | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Instagram/Maria Febe
Mantan pebulutangkis yang mualaf, Maria Febe Kusumastuti. Copyright: © Instagram/Maria Febe
Mantan pebulutangkis yang mualaf, Maria Febe Kusumastuti.

INDOSPORT.COM - Masih ingat dengan Maria Febe Kusumastuti? Mantan pemain tunggal putri nomor satu pelatnas tersebut kini memutuskan untuk memeluk agama Islam.

Kepada INDOSPORT, Febe menceritakan perjalanan spiritualnya dari mulai saat memutuskan menjadi mualaf hingga memperdalam agama usai menikah dengan sesama mantan pebulutangkis, Andrei Adistia.

"Prosesnya sih sudah lama ya, dari saya masuk pelatnas itu sebenarnya saya sudah kepengin masuk Islam," buka Febe saat dihubungi awak INDOSPORT melalui sambungan telepon, Selasa (28/04/20).

"Dan di pelatnas itu kan temen-temen saya banyak yang Islam ya seperti Kak Firda, April dll. Setiap puasa, terawih ada keinginan ikut, dan saya merasa adem saja, tapi waktu itu masih belum teguh hatinya.”

"Sambil berjalannya waktu, tahun 2013 saya sebenarnya sudah sempat mengucap dua kalimat syahadat, baru ucapan saja karena saat itu keluarga saya belum menerima kan.”

Selanjutnya Febe pun buka-bukaan soal kisah asmaranya dengan suami, Andrei Adistia yang pada akhirnya memutuskan menikah dan dirinya benar-benar masuk Islam.

 "Saya pacaran sama suami terbilang lama ya sekitar tujuh tahun, sempat putus dua tahun karena situasinya saya di Kanada, suami di Indonesia," tutur wanita berusia 30 tahun tersebut.

Saat ia kembali ke Indonesia pada Juli 2017, Febe dan Andrei memutuskan untuk kembali menjalin kasih. Di saat yang sama, keluarga Andrei pun menyarankan mereka berdua untuk segera menikah. “Ya sudahlah menikah saja sekalian, kata orang tua (Andrei)."

"Singkat cerita, setelah pertemuan bulan Juli itu saya kembali ke Kanada. Bulan september lamaran, via video call dengan keluarga besar.”

"Sebelum lamaran, saya mengucapkan kalimat syahadat yang kedua untuk mengganti status KTP dan mendapatkan sertifikat mualaf untuk proses pernikahan sah secara agama dan negara.”

Pada pertengahan bulan Oktober, Febe pulang ke Indonesia dan melangsungkan pernikahan tepatnya tanggal 27 Oktober 2017.

Jika melihat akun Instagramnya, Febe kini tampil berhijab dan tampak makin mantap memperdalam agama.

Saat ditanya kapan mulai mengenakan hijab, wanita yang memiliki nama Islam Aisyah Febe itu pun berbagi pengalaman spiritualnya.

"Awalnya itu Maret 2019 baru mengenakan hijab, karena kami suka i'tikaf gitu, pengin memperdalam lagi belajar agama Islam,” ungkapnya.

"Nah cuma awal April ini sampai sekarang saya malah sering ketakutan takut lupa salat, takut jauh dari agama pokoknya, ingat Allah terus.”

"Habis itu saya tanya temen-temen mantan atlet yang berhijab juga. Mereka bilang itu hidayah, itu tergantung saya sendiri mau dijalani atau tidak. Tapi sebaiknya dijalani, karena kita tidak tahu hidayah kapan datangnya, kalau sudah hilang, kita tidak tahu bakal dapat lagi atau enggak," sambungnya.

Ia juga bercerita bahwa pengalamannya yang awalnya takut tidak diterima keluarga, perlahan mulai memberanikan diri.

"Kalau masalah keluarga masih takut bakal menerima apa enggak. Sudah diniatin yang baik, Insyaallah seiring berjalannya waktu kemungkinan bisa menerimalah yang penting menjalankan kebaikan," tutup Febe.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
25%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
25%