Keputusan BWF Ini Bisa Membuat Wakil Indonesia Tersenyum Lega

Selasa, 5 Mei 2020 17:13 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Twitter @INABadminton
Keputusan dari Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) soal kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 mungkin akan membuat para wakil Indonesia bisa tersenyum lega. Copyright: © Twitter @INABadminton
Keputusan dari Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) soal kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 mungkin akan membuat para wakil Indonesia bisa tersenyum lega.

INDOSPORT.COM - Keputusan dari Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) soal kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 mungkin akan membuat para wakil Indonesia bisa tersenyum lega.

Akibat virus corona, semua acara olahraga mengalami banyak penundaan. Bahkan, gelaran Olimpiade Tokyo 2020 pun terpaksa harus dimundurkan satu tahun ke tahun 2021 akibat wabah penyakit mematikan tersebut.

Tentunya, dengan dimundurkannya Olimpiade Tokyo 2020 ke tahun 2021 membuat banyak pihak yang bertanya bagaimana keputusan BWF terkait kualifikasi untuk sektor bulutangkis.

Awalnya, BWF telah membuat periode kualifikasi selama satu tahun dimulai dari turnamen New Zealand Open 2019 yang kemudian akan berakhir pada gelaran Badminton Asia Championships 2020 pada 30 April lalu.

Namun, semua mendadak kacau ketika serangan virus corona datang. Banyak turnamen bulutangkis internasional yang terganggu dan terpaksa ditangguhkan atau dibatalkan.

Sehingga, banyak pihak yang saat ini bertanya-tanya apakah langkah yang akan diambil oleh BWF terkait kualifikasi Olimpiade Tokyo pada tahun 2021?

Dilansir dari situs olahraga The Star, sebuah sumber mengatakan bahwa BWF cenderung akan mengambil keputusan untuk melanjutkan kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 dengan turnamen-turnamen yang ditangguhkan.

“Badan dunia mengadakan pertemuan dewan mereka via online dan mereka diatur untuk melanjutkan periode kualifikasi tahun depan," katanya.

"Mereka hanya akan melanjutkan turnamen kualifikasi yang terpengaruh dalam beberapa minggu terakhir. Ini dianggap adil karena banyak atlet telah bekerja keras untuk lolos sejak tahun lalu," kata seorang sumber.

Jika benar kalau BWF hanya akan melanjutkan kualifikasi berdasarkan turnamen yang ditunda, maka terdapat German Open, Swiss Open, Malaysia Open, India Open, Singapore Open dan Badminton Asia Championships saja yang akan menjadi tempat pertarungan terakhir para pebulutangkis.

Selain itu, kabar ini akan menjadi angin segar bagi wakil Indonesia yang sebelumnya sudah memastikan diri mengunci tiket tampil di Olimpiade Tokyo 2020. Setidaknya, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan kolega bisa lebih fokus untuk melakukan persiapan agar meraih pencapaian maksimal di sana.

Namun, sampai saat ini, BWF memang belum membuat pengumuman resmi dan diharapkan mereka segera bisa membuat pengumuman tersebut minggu depan.