Mulyo Handoyo: Pebulutangkis Indonesia Unggul Teknik, Tapi..

Sabtu, 9 Mei 2020 22:12 WIB
Penulis: Ronald Seger Prabowo | Editor: Isman Fadil
© Instagram/@agus_d_santoso
Agus Dwi Santoso (tengah) foto bersama Herry IP (paling kiri), Mulyo Handoyo (paling kanan) Copyright: © Instagram/@agus_d_santoso
Agus Dwi Santoso (tengah) foto bersama Herry IP (paling kiri), Mulyo Handoyo (paling kanan)

INDOSPORT.COM - Pelatih bulutangkis legendaris asal Indonesia, Mulyo Handoyo memberikan pendapat berkait perbandingan kualitas atlet Tanah Air dengan negara lain. Menurutnya, pebulutangkis Indonesia memiliki keunggulan teknik yang lebih dibanding dengan atlet lainnya.

"Pemain Indonesia itu memang punya kemampuan teknik. Saya mengamati khusus nomor tunggal," kata Mulyo dalam acara Webinar yang dislenggarakan Pengkot PBSI Solo, Sabtu (09/05/20).

Mulyo memang malang-melintang sebagai pelatih bulu tangkis di berbagai negara, terutama sektor tunggal putra. Legenda badminton Indonesia, Taufik Hidayat adalah sosok hasil polesan pelatih asal Solo tersebut.

Selain Indonesia, dia pernah meracik tunggal putra India, dan kini menjadi pelatih Singapura. Saat di Pelatnas India, pria asal Solo itu berhasil membentuk Kidambi Srikanth hingga Sameer Verma hingga diperhitungkan di kancah tunggal putra dunia.

Meski demikian, atlet Indonesia diwajibkan terus meningkatkan performa saat latihan. Sebab, Mulyo menyebut kemampuan teknik pebulu tangkis saat ini hampir merata.

Dirinya mencontohkan beberapa negara yang dulu hampir tak pernah eksis di dunia tepok bulu, kini mulai menjelma menjadi tim kuat. Salah satunya adalah bulu tangkis Spanyol yang berkembang pesat.

"Kenapa bisa seperti itu? Karena kemampuan atlet di seluruh dunia saat ini kualitasnya hampir sama. Pebulutangkis Indonesia harus siap bersaing dan terus di atas negara-negara yang dulu tidak punya tradisi kuat," tegasnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
10%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
5%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
5%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
38%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
5%
IDS Emoticon Takut
Takut
5%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
5%
IDS Emoticon Marah
Marah
29%