Media Malaysia Soroti Kasus Penyuapan yang Libatkan Taufik Hidayat

Senin, 11 Mei 2020 09:03 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Andrew Wong/Getty Images
Terlibat kasus penyuapan eks Menpora, Imam Nahrawi, legenda tunggal putra Indonesia, Taufik Hidayat mendapat sorotan dari media Malaysia. Copyright: © Andrew Wong/Getty Images
Terlibat kasus penyuapan eks Menpora, Imam Nahrawi, legenda tunggal putra Indonesia, Taufik Hidayat mendapat sorotan dari media Malaysia.

INDOSPORT.COM - Terlibat kasus penyuapan eks Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, legenda tunggal putra Indonesia, Taufik Hidayat mendapat sorotan dari media Malaysia.

Sebelumnya, mantan Menpora Imam Nahrawi didakwa menerima suap sebesar Rp11,5 miliar dan gratifikasi Rp8,648 miliar dari sejumlah pejabat Kemenpora dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Terseretnya, eks Menpora Imam Nahrawi membuat Taufik Hidayat yang saat itu Wakil Ketua Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) periode 2016-2017 terpaksa harus diperiksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Media Malaysia, The Star, menyoroti pengakuan Taufik Hidayat yang menyebut kalau dirinya berperan sebagai kurir penerima uang suap untuk eks Menpora Imam Nahrawi.

"Saya hanya diminta tolong seperti itu di telepon, dan ya saya sebagai kerabat di situ ya saya membantu, tapi saya tidak konfirmasi ke Pak Imam Nahrawi kalau uang sudah dititipkan ke Ulum," kata Taufik Hidayat dilansir dari Antara mendapat sorotan dari media Malaysia.

Disebutkan, kala itu Direktur Perencanaan dan Anggaran Program Satlak Prima Tommy Suhartanto menyampaikan kepada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada Program Satlak Prima 2016-2017 Edward Taufan Pandjaitan alias Ucok bahwa ada permintaan uang dari Imam Nahrawi.

Tommy lalu meminta Ucok menyiapkan Rp1 miliar untuk diserahkan ke Imam melalui staf khusus Imam Nahrawi yaitu Miftahul Ulum.

Ucok lalu mengambil uang Rp1 miliar yang berasal dari anggaran program Satlak Prima. Asisten Direktur Keuangan Satlak Prima Reiki Mamesah lalu mengambil uang itu lalu menyerahkan uang tersebut kepada Taufik Hidayat di rumah Taufik di Jalan Wijaya Kebayoran baru.

Kemudian, Taufik Hidayat menyerahkan uang Rp1 miliar tersebut kepada Imam melalui Miftahul Ulum di kediaman legenda tunggal putra Indonesia tersebut.